Es Goyobod, Minuman Tradisional Sunda yang Menyegarkan

Minuman Tradisional Sunda

Minuman Tradisional Sunda | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Salah satu minuman tradisional Sunda yang fenomenal memang banyak. Es goyobod, begitulah nama minuman tradisonal Sunda ini biasa disebut. Terdengar unik dan asing bagi mereka yang bukan warga Bandung atau orang Sunda asli pastinya. Apalagi, belakangan ini penjual es goyobod tidak sebanyak dulu. Tidak pula mudah ditemukan di kota-kota lain selain Bandung.

Seperti yang kita tahu, minuman tradisional Sunda lumayan banyak macamnya. Semisal, sekoteng, bubur kacang, dan bajigur. Kalau sekoteng dan bajigur, tentu sudah banyak yang tahu. Yang pernah mencobanya pun tidak sedikit jumlahnya. Lantas, bagaimana dengan es goyobod sendiri? Apakah Anda tahu dan pernah mencobanya?

Es Goyobod Bandung

Es Goyobod Bandung | Foto : resepkulinerkreatif(dot)blogspot(dot)com

Sekilas, es goyobod tampak mirip es campur atau es teller. Penyajiannya menggunakan santan dan gula kawung. Dilengkapi dengan daging kelapa muda, kolang-kaling, nangka, alpukat, tape, roti tawar, pacar cina, dan tidak lupa susu kental manis dan es serut atau es batu di atasnya.

Kekhasan es goyobod yang tidak dimiliki pada es-es lainnya terletak pada penggunaan agar-agar hunkwe yang dipotong kotak-kotak. Agar-agar hunkwe berbeda dengan agar-agar biasa. Agar-agar hunkwe terasa lebih kenyal dan lembut di dalam mulut. Inilah yang membuat banyak orang ketagihan dengan es goyobod.

Es Goyobod Kliningan Bandung

Es Goyobod Kliningan Bandung | Foto : anindityosuryohudoyo.blogspot(dot)com

Minuman tradisional Sunda yang satu ini umumnya dijual di pinggir-pinggir jalan. Atau, didagangkan secara berkeliling ke perumahan-perumahan atau tempat-tempat keramaian. Jika  Anda berkesempatan berkunjung ke Bandung dan ingin mencoba merasakan segarnya es goyobod, meluncurlah ke kawasan Jalan Kiliningan, Buah Batu Bandung. Di kawasan ini, Anda akan menemukan pemandangan sederet gerobak penjual makanan. Dan, salah satunya adalah es goyobod itu sendiri.

Untuk memudahkan Anda menemukannya, lihatlah tulisan “GOKIL” pada salah satu gerobak di sana. Kata gokil yang dimaksud bukan berarti gila, melainkan singkatan dari Goyobod Kiliningan. Hmm… benar-benar strategi marketing yang cukup kreatif ya.

GoKiL (Goyobod Kliningan)

GoKiL (Goyobod Kliningan) | Foto : berita(dot)upi(dot)edu

Keberadaan es goyobod kliningan belum seberapa lama dibandingkan penjaja makanan dan minuman yang berada di kawasan tersebut. Tapi, untuk urusan rasa, jangan khawatir! Anda tidak akan kecewa membeli es goyobod kiliningan ini. Selain rasanya mantap, harganya pun murah meriah. Cocok sekali diminum pada saat hari panas. Supaya tidak kehabisan, datanglah sebelum dagangan es goyobod habis diborong pembeli. Es goyobod kiliningan buka dari pukul 10 pagi sampai enam sore.

Sekian info tentang minuman tradisional Sunda bernama es Goyobod.  Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda semua.


Add Comment