Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki

Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki

Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki | goelalilife.blogspot(.com)

Jajanan kerap bisa dinikmati di mana saja, baik itu di jalanan atau di pusat perbelanjaan seperti mall. Jajanan pula yang selalu membuat kita ketagihan karena harganya yang sangat terjangkau, serta jenisnya yang beragam dan unik. Di Bandung ada satu jajanan yang bisa dinikmati dengan mudahnya. Jajanan ringan tenda Cilaki adalah nama lokasinya.

Cilaki sendiri merupakan nama sebuah jalan yang terletak di dekat Gedung Sate. Atau lebih tepatnya berada di belakang gedung pemerintahan provinsi tersebut. Untuk mencapai lokasi jalan Cilaki sendiri cukup mudah dijangkau. Kita bisa memasukinya dari jalan Supratman dekat dengan gedung tersebut (belakang taman Lansia) atau dari jalan Riau. Hanya saja jika mengambil dari jalan Riau akan sedikit rumit, terlebih bagi yang belum lama mengenal kota Bandung.

Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki

Bandrek hangat di Jalan Cilaki Bandung | en.wikipedia(.org)

Lantas, jajanan apa yang istimewa di jalan tersebut? Jika dilihat dari jenis jajanan mungkin tidak ada yang terlalu istimewa. Namun untuk menikmati suasana di sanalah yang membuatnya terasa istimewa. Di jalan tersebut ada deretan tenda yang menjajakan jajanan, serta makanan beratnya. Namun yang lebih kesohor, di antaranya gorengan dan bandrek.

Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki

Gorengan yang banyak dijumpai di tenda Cilaki | writtenthou.wordpress(.com)

Gorengan yang tersedia di tenda Cilaki sangat beragam. Selain yang biasa seperti bala-bala, gehu, comro, goreng ubi, dan cireng, ada juga goreng nanas dan goreng nangka. Selain itu, yang membuatnya terasa beragam dan lain dari yang lain adalah paduan dari gorengan tersebut. Jika di tempat lain hanya diberikan dengan beberapa buah cabai (cengek, Sunda), di sana disajikan dengan sambal kacang dan gula tepung. Sungguh penyajian yang dapat menggugah selera dan tentunya unik.

Begitu juga dengan bandreknya yang terasa hangat karena paduan jahenya yang terasa pas. Bandrek tersebut akan lebih nikmat jika diminum ketika malam hari, terlebih dengan suasana yang sedang hujan. Bandrek yang disajikan dengan parutan kelapa tua akan terasa lebih segar hangatnya.

Menikmati Bandrek dan Gorengan Unik sebagai Jajanan Ringan Tenda Cilaki

Deretan tenda makanan yang ramai di Jalan Cilaki |goelalilife.blogspot(.com)

Lalu, bagaimana dengan urusan harga? Jangan khawatir karena harga yang ditawarkan di sana sangat terjangkau. Terlebih karena jajanan ringan, seperti gorengan dan bandrek tersebut merupakan jajanan yang sederhana. Untuk itu, kita bisa mencoba mencicipinya di kala sore hari tiba karena rata-rata pedagang di jalan tersebut bukanya pada sore hingga malam hari.

Jadi, kenapa tidak mengagendakan untuk menikmati jajanan ringan tenda Cilaki pada akhir pekan nanti?

Leave a Reply