Legenda Kuliner Bandung di Kawasan Dipati Ukur

Legenda Kuliner Bandung

Legenda Kuliner Bandung | Foto : foreveronmybelly. (blogspot.com)

Berbicara tentang legenda kuliner Bandung, tentunya sangat banyak. Namun, jika berbicara tentang legenda kuliner di wilayah Dipati Ukur, kiranya akan sangat sulit untuk menentukan. Alasannya jelas, sesuatu yang dikatakan dengan legenda akan sangat berkaitan dengan lamanya waktu.

Sementara wilayah Dipati Ukur sendiri bisa dikatakan sebagai wilayah padat dengan perkembangan kuliner yang sangat pesat. Buktinya, ragam tempat kuliner bisa ditemui di wilayah ini, mulai dari tempat makan rumahan, tempat makan pinggir jalan, café hingga restoran.

Toko Yu Dipati Ukur Bandung

Toko Yu Dipati Ukur Bandung | Foto : gastronomy-aficionado.com

Namun demikian, sejarah kiranya selalu bijak untuk menyimpan saksi sebagai penerus cerita.  Satu tempat yang bisa dikatakan sebagai legenda kuliner Bandung di Kawasan Dipati Ukur adalah Toko Yu. Lokasinya memang tidak berada langsung di Jalan Dipati Ukur, tapi di Jalan Hasanudin.

Namun karena mulut jalan ini ada di Jalan Dipati Ukur dan bisa juga dikatakan berada di sekitar kampus UNPAD Dipati Ukur, kiranya wajar jika Jalan Hasanudin dan jalan-jalan di sekitar kampus masuk dalam kawasan Dipati Ukur, Bandung,

Lokasi

Lokasi Toko Yu

Lokasi Toko Yu | Foto : 37going40. (blogspot.com)

Lokasi Toko Yu bisa ditemui di alamat Jalan Hasanudin no 12. Lokasi sebenarnya lebih dekat dengan Rumah Sakit Boromeus, Bandung. Dengan kata lain, lokasi dekat juga dengan area Dago dan Jalan Ganesha, Bandung.

Secara geografis, lokasi memang sangat strategis. Namun demikian, tak bisa dipungkiri jika tempat ini kurang dikenal, sekali pun telah ada sejak era 40’an. Satu alasan yang menyebabkan hal ini adalah tidak adanya papan nama di depan gerbang yang menunjukkan jeberadaan tempat kuliner legendaris ini. Di samping itu, area makan berada di dalam halaman dengan kesan tersembunyi sebab dirimbuni oleh pohon-pohon tinggi yang membentuk pagar.

Konsep Toko Yu

Konsep Toko Yu | Foto : bandung.panduanwisata.(id)

Secara konsep, Toko Yu lebih memanfaatkan halaman atau taman sebagai area makan. Karenanya tak heran jika banyak yang menyebut Toko Yu menerapkan konsep café taman dengan nuansa open air yang kental.

Memasuki lokasi, pengunjung akan dibuat terbuai dengan suasana masa lalu yang kental. Suasana seperti ini bukan hanya didapat dari arsitektur dan benda-benda kuno, namun beragam jajanan dan menu dengan kesan kuno (tradisional) merupakan menu andalan di tempat ini.

Menu Andalan di Toko Yu

Menu Andalan di Toko Yu | Foto : bandung.panduanwisata. (id)

Menu spesial di tempat ini adalah aneka mie, namun tak sedikit juga menu lain yangmenjadi favorit. Salah satu menu favorit yang banyak dibicarakan adalah nasi rawon dengan daging bakar atau panggangnya. Tertarik untuk mengetahui seperti apa suasana dan citarasa legenda kuliner Bandung ini? Datang saja langsung ke Toko Yu dengan alamat di atas.

Leave a Reply