Jalan Ciateul, Pusat Penjualan Motor Bekas di Bandung

Pusat Penjualan Motor Bekas di Bandung

Pusat Penjualan Motor Bekas di Bandung | Foto : bursamotorbekas. (blogspot.com)

Sejak lama, warga Bandung telah mengenal Jalan Ciateul sebagai pusat penjualan motor bekas di Bandung.  Dealer-dealer motor bekas bisa ditemui dengan mudah di sepanjang jalan ini. Pengunjung mungkin akan terpana dengan ratusan motor yang berjejer rapi memenuhi hampir seluruh bagian halaman dealer. Uniknya, motor bekas yang lebih banyak ditawarkan di kawasan ini, termasuk dalam kelas dan produk motor terbaru.

Jalan Ciateul dikenal juga sebagai jalan Inggit Ganarsih. Di jalan ini jugalah jejak Soekarno dan ibu Inggit Ganarsih bisa ditemukan. Lepas dari sejarah keberadaan Soekarno tersebut, sebenarnya tak begitu jelas sejak kapan jalan ini berubah menjadi pusat pusat penjualan motor bekas di Bandung. Namun, berdasarkan informasi dan cerita warga, penjualan motor bekas di kawasan atau jalan ini telah dimulai sejak akhir 80’an.

Pusat Penjualan Motor Bekas Ciateul

Pusat Penjualan Motor Bekas Ciateul | Foto : bandung.bisnis. (com)

Merunut sejarah, akhir 80’an termasuk dalam titik tolak dalam periode keemasan jual beli motor. Di era ini juga, produk-produk motor baru terutama motor Jepang sekelas bebek semakin melirik Indonesia sebagai target marketnya. Imbasnya, angka jual beli motor menjadi tinggi. Keadaan seperti ini secara langsung memicu kemunculan usaha jual beli motor, dengan motor bekas sebagai komoditas utamanya.

Di era 90’an, bisnis jual beli motor semakin meningkat. Hal ini berkaitan juga dengan keberadaan motor yang mulai berubah dari kebutuhan lux atau tertier menjadi kebutuhan sekunder. Di era ini juga dealer-dealer motor di Jalan Ciateul mencapai puncak kejayaannya.

Penjualan Motor Bekas Ciateul

Penjualan Motor Bekas Ciateul | Foto : infomotorcyclenews. (com)

Di akhir 90’an, sistem jual beli motor di Ciateul mulai melirik pada sistem kredit dengan munculnya sistem leasing. Kemunculan sistem ini, menyebabkan banyak dealer di Ciateul yang bekerjasama dengan perusahaan pemegang leasing.

Di sisi lain, perusahaan leasing mulai mengembangkan sayap dengan penjualan motor-motor baru secara kredit. Kredit motor bahkan bisa didapatkan dengan sangat mudah dan murah. Hasilnya, masyarakat lebih memilih untuk mendapatkan motor baru dengan cara kredit. Dengan kata lain, penjualan motor bekas di Ciateul mulai merasakan penurunan di akhir 90’an hingga saat ini.

Dealer Motor Bekas di Ciateul Bandung

Dealer Motor Bekas di Ciateul Bandung | Foto : www.wisatabdg. (com)

Kendati demikian, beberapa dealer yang masih bertahan di Jalan Ciateul, tentu saja menunjukkan bahwa jual beli motor bekas masih merupakan bisnis yang menjanjikan. Kendati penjualan dan motor-motor yang terpajang di kawasan ini tak sebanyak dulu. Terpelas dari itu semua, citra Ciateul sebagai pusat penjualan motor bekas di Bandung tetap melekat hingga saat ini.

Add Comment