Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus | pashatama.wordpress

Makanan berbahan dasar kacang kedelai yang satu ini rupanya sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Memiliki teman sejati bersama tempe, menjadikan makanan ini mempunyai idolanya tersendiri. Ya, tahu adalah makanan yang dimaksud. Namun bagaimana dengan tahu sumedang Bapak Ateng? Apakah sama dengan tahu yang lainnya?

Tahu sumedang merupakan makanan yang identik dengan daerah Sumedang, Jawa Barat. Identik karena berdasarkan sejarah yang berhasil dihimpun, tahu tersebut berasal dari kota tersebut. Sejarah singkat bercerita bahwa seorang warga Tionghoa bernama Ong Ki No merintis usaha tersebut di tahun 1917. Usaha tersebut berhasil diturunkan kepada anaknya yang bernama Ong Bung Keng. Hingga kini, tahu sumedang terus menerus eksis, bahkan hingga ke luar Jawa Barat.

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus | tahupakateng.blogspot

Lalu, apa hubungannya dengan tahu sumedang Bapak Ateng? Jika dilihat dari histori namanya jelas tidak ada hubungannya. Hanya tahu yang dijual oleh Bapak Ateng ini memiliki citarasa yang lezat, harum, dan tentunya enak.

Tahu produksi Bapak Ateng ini memiliki tekstur yang sedikit berbeda dari tahu sumedang pada umumnya. Selain memiliki rasa yang enak, tahu ini memiliki tekstur yang renyah. Ketika telah matang digoreng, tahu ini terdapat semacam bubuk seperti krispi di sekitarnya. Hal itulah yang menjadikan tahu Bapak Ateng ini selalu diburu.

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus | inilahkoran

Begitu masuk ke warung tahu sumedang Bapak Ateng ini akan langsung tercium aroma wanginya. Aroma tersebutlah yang selalu membuat pecinta tahu untuk kembali lagi ke warung tersebut. Aroma akan datang ketika tahu tersebut sedang digoreng.

Tahu sumedang ini disajikan dengan sambal kecap yang cukup pedas. Menyantap tahu ini bisa dipadukan dengan lontong ataupun digado secara langsung. Akan lebih nikmat lagi jika menyantap tahu ini selagi masih panas.

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus

Tahu Sumedang Bapak Ateng yang Gurih dan Maknyus | sari-raos.blogspot

Lantas, di mana lokasi dari tahu sumedang Bapak Ateng ini? Warungnya berada di wilayah Bandung timur, tepatnya di jalan raya Jatinganor arah Sumedang. Jika dari Bandung, terus saja ke arah Cileunyi. Pada persimpangan antara jalan ke Rancaekek-Jatinangor, luruskan saja ke arah Jatinangor. Posisinya sebelum kampus IPDN dan berada di lajur sebelah kanan, tidak jauh dari jalan persimpangan tadi.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sajian tahu Sumedang Bapak Ateng dalam bongsang (wadah tahu yang terbuat dari anyaman bambu) menjadikannya sebagai oleh-oleh dari Kota Bandung ini. Jika penasaran, silakan mendatanginya secara langsung.

Leave a Reply