Mengintip Pusat Pembuatan Peuyeum Bandung di Cimenyan

Pusat Pembuatan Peuyeum Bandung

Pusat Pembuatan Peuyeum Bandung | Foto : buahku.wordpress.com

Salah satu pusat pembuatan peuyeum Bandung yang terkenal adalah Cimenyan. Cimenyan sendiri merupakan salah satu kecamatan di Bandung yang masuk dalam ruang lingkup kabupaten Bandung. menuju Cimenyan bisa dilalui dengan berapa akses masuk,manun akses terdekat dan termudah adalah melalui Jalan Padasuka. Patokannya adalah jalan menuju Saung Angklung Udjo atau Caringin Tilu.

Cimenyan, memang telah terkenal sejak lama sebagai sentra pembuatan peuyeum Bandung. Dengan demikian, peuyeum atau tape berbahan dasar singkong ini, merupakan salah satu potensi ekonomi yang ada di wilayah ini. Di samping juga pertanian dengan produk utama sayur mayur.

Peuyeum khas Cimenyan Bandung

Peuyeum khas Cimenyan Bandung | Foto : superkidsindonesia.com

Peuyeum yang diproduksi warga Cimenyan, bisa dikatakan berbeda dengan peuyeum yang ada di Bandung pada umumnya. Peuyeum Cimenyan terkenal dengan tingkat kemanisannya yang sangat  tinggi. Teksturnya pun lebih lembek dari peuyeum lainnya. Inilah yang kemudian menjadikan Cimenyan sebagai pusat pembuatan peuyeum Bandung.

Tekstur dan citarasa seperti ini, bisa didapat karena proses pengolahan dan pematangannya yang berbeda. Pematangan atau fermentasi peuyeum dilakukan dengan pemeraman sederhana, yaitu membungkus singkong yang telah diberi ragi dengan daun pusang atau daun jati.

Peuyeum bandung

Peuyeum Cimenyan Bandung | Foto : bisnisukm.com

Proses seperti ini, memang berbeda dengan peuyeum yang dijual di pinggir jalan seperti wilayah Leuwi Panjang atau wilayah Cipatat. Di wilayah ini, proses fermentasi justru dilakukan secara terbuka dengan cara diangin-angin dan digantung. Karenanya, peuyeum yang dijual di pinggir jalan lebih dikenal sebagai peuyeum gantung.

Namun demikian, keberadaan peuyeum gantung yang relatif banyak digemari, sedikitnya telah mengubah orientasi pengrajin peuyeum Cimenyan untuk mengadopsi peuyeum gantung sebagai produk unggulannya. Karenanya tak heran jika di Cimenyan kini didapati pula pengrajin yang memproduksi peuyeum gantung.

Peuyeum Gantung Bandung

Peuyeum Gantung Bandung | Foto : utingunying.blogspot.com

Perubahan orientasi seperti ini, kiranya berkaitan juga dengan cara pendistribusiannya. Sebelum diadopsinya peuyeum gantung, peuyeum khas Cimenyan kebanyakan didistribusikan secara berkeliling oleh pedagang. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap minimnya pendapatan. Berbeda dengan peuyeum gantung yang dipajang di depan toko atau etalase, jelas akan memberikan ketertarikan tersendiri bagi pelanggan.

Kendati demikian, ketenaran pusat pembuatan peuyeum Bandung di Cimenyan ini sudah menjadi legenda tersendiri bagi warga Bandung. Saat ini, produk peuyeum Cimenyan bisa didapat dari sentra-sentra penjual peuyeum di Kosambi, Leuwi Panjang dan beberapa tempatyang menjual olahan peuyeum semisal colenak.

Add Comment