Kerupuk Susu Pangalengan, Oleh-oleh Unik Dari Bandung Selatan

Kerupuk Susu Pangalengan

Kerupuk Susu Pangalengan | Foto : sarahquin.blogspot.com

Berbicara tentang kuliner unik Bandung, memang tak ada habisnya, termasuk kerupuk susu Pangalengan. Kerupuk susu atau produk olahan unik lain yang menggunakan susu sebagai bahan, kiranya bukanlah hal baru bagi masyarakat peternakan. Dengan kata lain, pemanfaatan susu sebagai bahan dasar produk olahan adalah hal yang biasa. Terbukti, produk seperti ini ditemukan juga di beberapa wilayah peternakan sapi semisal Malang, Boyolali dan seterusnya.

Kerupuk Susu Pangalengan, mungkin menjadi wajah baru bagi kuliner Bandung. Sekali pun dari bentuk tak jauh beda dari kerupuk udang mentah, namun kerupuk ini memiliki citarasa dan aromanya yang jauh lebih gurih. Sekalipu aromanya cukup kuat, namun citarasanya sama sekali jauh dari kesan amis.

Bahan-bahan Pembuat Kerupuk Susu

Bahan-bahan Pembuat Kerupuk Susu | Foto : contohartikel-ku.blogspot.com

Bahan dasar kerupuk ini pun tak jauh beda dari kerupuk pada umumnya yang terdiri dari tepung tapioka, tepung terigu, rempah-rempah dan penyedap rasa. Yang membedakan tentu saja penggunaan susu sebagai campuran adonan kerupuk.

Penggunaan susu sebagai bahan dasar kerupuk, secara langsung tentunya menambah komposisi gizi bagi jenis kuliner ringan ini. Terbukti, hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kerupuk ini terkandung mineral, kalsium, kalium, protein dan fospor yang sangat tinggi.

Kandungan Nutrisi pada Kerupuk Susu

Kandungan Nutrisi pada Kerupuk Susu | Foto : krupuk-susu.blogspot.com

Bukan hanya itu, penelitian dan pengalaman pun membuktikan bahwa kerupuk ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap kerusakan nutrisi, kendati disimpan selama berbulan-bulan tanpa bahan pengawet. Artinya, kerupuk berbahan susu ini merupakan kuliner yang sangat sehat.

Kerupuk susu di Pangalengan ini, pada dasrnya merupakan inovasi dan kreativitas dari para peternak susu di bawah bimbingan Koperasi Peternakan Susu bandung Selatan (KPBS). Seperti diketahui, bahwa KPBS telah banyak melakukan inovasi produk untuk menjaga produktivitas peternak melalui olahan susu.

Produk Lain dari KPBS Pangalengan Bandung

Produk Lain dari KPBS Pangalengan Bandung | Foto : cinta-ummi91.blogspot.com

Selain kerupuk susu, anggota KPBS pun memiliki produk unggulan lain berbahan susu, semisal karamel, dodol susu, noga susu dan sebagainya. Produk olahan tersebut, semata-mata dibuat untuk meningkatkan taraf perekonomian peternak dan warga sekitar dari melimpahnya produksi susu di Pangalengan.

Pemasaran

Kerupuk susu dan produk olahan susu Pangalengan lainnya, masih didistribusikan di pasar-pasar lokal. Artinya, produk ini sangat banyak dan mungkin hanya bisa ditemukan di Pangalengan. Untuk mendapatkannya sangat mudah, sebab hampir semua toko oleh-oleh di Pangalengan menjual produk olahan susu ini. Pendistribusian yang masih sebatas pasar lokal ini, kiranya patut disayangkan untuk produk unik yang potensial seperti kerupuk susu Pangalengan dan produk olahan lainnya.

Leave a Reply