Menikmati Manisnya Kuliner Khas Priangan, Colenak Murdi Putra di Bandung

Colenak Murdi Putra di Bandung

Colenak Murdi Putra di Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.id

Colenak Murdi Putra di Bandung, merupakan salah satu tempat legendaris yang menawarkan colenak sebagai sajian utamanya. Sebutan legenda kiranya wajar untuk usaha yang telah berdiri sejak 1939 ini. Seperti diketahui, bahwa colenak merupakan makanan tradisional Bandung yang memanfaatkan peuyeum atau tape singkong sebagai bahan dasarnya.

Cara pengolahan colenak sebenarnya sangat sederhana. Yang dilakukan hanyalah membakar peuyeum sebelum dipotong-potong. Potongan peuyeum bakar ini kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari karamel gula merah (kinca) yang telah dicampur parutan kelapa. Maka, jadilah hidangan sederhana dengan rasa manis yang berkelas.

Dicocol Enak (Colenak)

Dicocol Enak (Colenak) | Foto : klik-eat.com

Penggunaan dan penyajian saus colenak saat ini dengan cara menyiram ke permukaan peuyeum, kiranya sedikit berbeda dengan arti dan makna colenak itu sendiri. Sebab colenak sebenarnya merupakan kependekan dari dicocol enak. Artinya, besar kemungkinan jika di masa lalu saus atau karamel gula merah ini dijadikan sebagai saus cocolan untuk peuyeum bakar.

Apa pun pemaknaannya atau bagaimana pun cara penyajiannya, citarasa dan penampilan colenak sebagai makanan tradisional tetap sama. Rasa tape dan saus gula merah tetap mendominasi.

Varian Rasa Colenak Murdi Bandung

Varian Rasa Colenak Murdi Bandung | Foto : jelajahsepeda.kompas.com

Dengan memanfaatkan olahan tradisional sederhana ini, Colenak Murdi Putra di Bandung berhasil mengembangkan usahanya hingga menjadi terkenal seperti saat ini. Keberhasilannya tentu saja diikuti dengan inovasi kuliner. Inovasi utama yang dilakukan adalah pengubahan saus colenak, sehingga colenak memiliki beberapa varian rasa.

Dengan inovasi tersebut jugalah, Murdi Putra berhasil mengangkat derajat colenak dari panganan tradisional yang berkonotasi kelas bawah, menjadi kuliner berkelas yang dicari banyak wisatawan.

Colenak Murdi Putra Bandung

Colenak Murdi Putra Bandung | Foto : bandungtraveler.com

Inovasi ternyata tidak hanya dilakukan terhadap makanan, namun juga adopsi interior yang mampu mengubah wajah tempat usahanya. Dengan interior bernuansa modern, pengunjung bisa merasakan seperti apa menyantap menu tradisional dalam suasana kekinian. Singkatnya, suasana di tempat ini terbilang bersih dan nyaman, sekali pun menjajakan makanan tradisional.

Tertarik untuk menikmati seperti apa citarasa Colenak Murdi Putra di Bandung? Datang saja ke Bandung dan kunjungi alamatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani No 733, Cidurian, Bandung. Lokasi bisa dituju dari dua arah, yaitu Cicaheum dan Alun-Alun. Dari Cicaheum, letaknya hanya beberapa ratus meter setelah lampu merah. Lokasi akan terlihat di seberang jalan. Sementara dari arah Alun-alun, lokasi bisa ditemui setelah melalui pertigaan Cicadas-Kiara Condong. Colenak Murdi Putra akan terlihat di sebelah kiri jalan.

Leave a Reply