Mengenal Asal Usul Istilah dan Wilayah Ledeng di Bandung

Wilayah Ledeng di Bandung

Wilayah Ledeng di Bandung | Foto : news.detik.com

Wilayah Ledeng di Bandung mungkin sudah tak asing lagi bagi warga Bandung atau penikmat wisata Lembang. Wilayah ini berada di Jalan Setiabudi, Bandung dengan terminal Ledeng sebagai penanda utamanya. Dengan kata lain, wilayah ini adalah titik pusat untuk menuju area wisata yang tersebar di wilayah Lembang.

Yang menarik, warga Bandung sendiri mengenal istilah ledeng sebagai air olahan PDAM yang menggunakan meteran sebagai penentu tarif. Karenanya, jangan heran jika warga Bandung menyebut air PDAM atau air PAM sebagai air Ledeng sebagai kategori yang membedakannya dari air sumur.

Asal Usul KawasanLedeng Dekat Isola

Asal Usul KawasanLedeng Dekat Isola | Foto : meismya.blogspot.com

Jika ditelusuri lebih lanjut antara Ledeng sebagai wilayah dan Ledeng sebagai istilah, sebenarnya memiliki kaitan yang sangat erat. Ledeng sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu leiding yang kemudian mengalami perubahan ucap menjadi ledeng. Leiding jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti saluran yang berhubungan dengan air.

Di masa lalu, wilayah Ledeng di Bandung lebih dikenal dengan Ci Badak. Dari segi histrori, sebutan Ci Badak setidaknya memiliki dua versi. Pertama, wilayah tempat minumnya badak jawa. Versi kedua berkaitan dengan sumber air yang sangat besar atau melimpah di wilayah ini.

Kawasan Ci Badag Bandung

Kawasan Ci Badag Bandung | foto : bandung.bisnis.com

Sumber air tersebut kemudian disebut sebagai Ci Badag (Cai Badag/ Air Besar). Seperti halnya ledeng yang mengalami perubahan kata dan ucapan menjadi ledeng, maka badag pun diperkirakan mengalami perubahan ucapan pada kata terdekatnya, yaitu badak. Apa pun versi yang kemudian digunakan, keduanya tetap mengarah pada sumber mata air.

Di masa pemerintahan Belanda, sumber air yang melimpah ini kemudian ditampung dan disalurkan ke pemukiman warga melalui pipa-pipa saluran air untuk berbagai keperluan. Pipa saluran berukuran besar inilah yang kemudian disebut sebagai ledeng.

Pemnampungan Air di Bandung

Pemnampungan Air di Bandung | Foto : m.inilah.com

Air yang ditampung dan disalurkan tersebut, memiliki kualitas yang sangat bagus, dengan warnanya yang jernih sebagai satu parameternya. Karena wilayah ini banyak sekali terdapat pipa-pipa saluran air yang masih berfungsi hingga sekarang, maka wajar kiranya jika penduduk kemudian menyebut wilayah ini sebagai Ledeng.

Di sisi lain, penggunaan istilah ledeng untuk sumber air dari PDAM pun, memang mengacu pada penggunaan pipa-pipa yang menyalurkan air bersih dan berkualitas. Di samping juga wilayah Ledeng di Bandung sebagai pemasok air bersih pertama di Bandung untuk hunian warga.

Leave a Reply