Mau Tahu di Mana Saja Tempat Makan Nasi Tutug Oncom di Bandung?

Nasi Tutug Oncom Komplit
Nasi Tutug Oncom Komplit | Foto : rashai.blogspot.com

Pecinta kuliner Sunda, mungkin akan mencari tempat makan nasi tutug oncom di Bandung. Nasi tutug oncom sendiri sebenarnya masakah khas Sunda yang berasal dari Tasik. Penyebarannya di Bandung pun masih terbilang baru, sebab menu ini baru ramai di awal tahun 2000’an.

Ramai dan berkembangnya menu ini, tentunya tak lepas dari keunikan tampilan dan citarasanya. Terlebih penggunaan oncom sebagai materi utama dalam nasi. Oncom bagi warga Bandung, khususnya Jawa barat, mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi penduduk luar Jawa Barat, oncom bisa dikatakan sangat asing.

Sekilas Oncom dan Nasi Tutug Oncom

Oncom Bandung
Oncom Bandung | Foto : pertamax7.com

Sebagai gambaran, oncom merupakan makanan dari fermentasi kacang-kacangan. Proses pembuatannya, jauh berbeda dengan tempe. Perbedaan utamanya adalah bakteri fermentasi, sementara bahan bakunya bisa dikatakan sama. Bakteri yang digunakan pada tempe, akan menghasilkan jamur berwarna putih, sementara jamur pada oncom akan terlihat jingga menyala atau hitam.

Penggunaan bahan bakunya pun sebenarnya sedikit berbeda, jika tempe berbahan baku kedelai murni dari olahan pertama, maka oncom terbuat dari ampas tahu atau bisa juga bungkil kacang tanah yang dicampur tepung singkong.

Combro Bandung
Combro Bandung | Foto : kaya-reflections.blogspot.com

Di masyarakat Sunda sendiri, oncom lebih banyak diolah sebagai bahan isian Comro atau sambal oncom. Pengolahannya umumnya sama yaitu melalui proses penggorengan. Setelah digoreng, oncom biasanya dilumat dan dicampur atau diaduk dengan bumbu sambal yang terdiri dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan gula. Setelah semua bumbu teraduk rata, oncom biasanya kembali digoreng. Begitu juga dengan pengolahan oncom di tempat makan nasi tutug oncom di Bandung.

Pengolahan seperti ini akan menghasilkan oncom yang terlihat seperti butiran-butiran kasar. butiran-butiran inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai isian comro atau bahan utama dari nasi tutug oncom. Untuk membuat nasi tutug oncom, butiran oncom yang telah diolah ini tinggal diaduk bersama nasi.

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom
Cara Membuat Nasi Tutug Oncom | Foto : www.chefbyaccident.com

Adukan nasi dan butiran oncom ini akan menghasilkan citarasa dan tekstur yang berbeda dari menu yang disebut nasi tutug oncom. Menu ini, biasanya disajikan dengan lauk pauk kering yang diolah melalui proses penggorengan atau pembakaran.

Untuk menikmatinya secara langsung, beberapa tempat makan nasi tutug oncom di Bandung ini kiranya bisa menjadi destinasi kuliner saat berada di Bandung. Semisal Nasi Tutug Oncom Lengkong yang berada di Jalan Lengkong Besar Bandung, Dago Panyawangan, Roemah Macaroni Salsa, Rumah Makan Tojoyo,Rumah Makan Gentong 2 dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencoba?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *