Cuanki Serayu, di Balik Kesuksesan Tempat Makan Murah Meriah di Bandung

Tempat Makan Murah Meriah di Bandung

Tempat Makan Murah Meriah di Bandung | Foto : bullyyourbelly.wordpress.com

Tempat makan murah meriah di Bandung sebenarnya bertebaran bahkan bisa dikatakan tak jauh dari jangkauan mata. Hanya saja, tempat seperti ini kerap diasosiasikan sebagai tempat yang tidak berkelas, tidak enak, kurang higienis dan beragam stigma lainnya. Benarkah seperti itu?

Untuk beberapa tempat mungkin bisa dikatakan benar, namun hal tersebut tak bisa digunakan sebagai generalisir. Artinya tak semua temat makan murah meriah di Bandung berhubungan dengan stigma di atas. Salah satu contohnya adalah Cuanki Serayu.

Cuanki Serayu

Cuanki Serayu | Foto : alamaksedapnya.wordpress.com

Cuanki serayu adalah tempat yang menawarkan jajanan khas bandung yaitu cuanki. Cuanki sendiri awalnya merupakan jajanan kelas bawah berupa siomay kering yang disajikan bersama kuah bening yang gurih.

Beberapa menambahinya dengan saus tomat dan kecap. Di masa lalu, jajanan ini ditawarkan oleh pedagang keliling dengan cara ditanggung. Mode penawaran seperti ini, sebenarnya masih bisa kita temui jika memasuki kompleks atau pemukiman warga di Bandung.

Tempat Makan Cuanki Serayu

Tempat Makan Cuanki Serayu | Foto : www.red-circles.com

Uniknya, dengan mengangkat jajanan kelas bawah ini, Cuanki Serayu justru mendapatkan ketenaran dan kesuksesan yang bisa dibilang cepat. Bayangkan, hanya dalam beberapa tahun saja, pengelola mampu membuka cabang baru meski pun lokasinya masih berdekatan.

Hal itu berarti juga bahwa minat masyarakat terhadap jajanan kelas bawah termasuk tinggi. Karena jajanan seperti ini memiliki harga yang murah meriah, maka bisa juga dikatakan bahwa animo masyarakat terhadap kuliner murah meriah, sama juga tingginya. Parameter keberhasilan Cuanki Serayu di atas, tentunya menjadi alasan di balik pernyataan ini.

Cuanki Serayu Bandung

Cuanki Serayu Bandung | Foto : www.jenzcorner.net

Sebagai jajanan yang bisa dikatakan naik tingkat, cuanki di tempat makan murah meriah di Bandung ini tentunya mengalami modifikasi. Cuanki yang awalnya terkenal dengan siomay rebus, tahu putih dan baso pasar ini, di tempat ini menjadi makanan yang memiliki citarasa berkelas.

Tahu putih berubah menjadi baso tahu rebus berupa tahu isi dengan rasa ikan yang gurih. Sementara baso pasar, berganti dengan baso sapi yang tak ubahnya seperti mie baso pada umumnya. Bahkan pangsit yang biasanya menjadi sajian penambah tekstur untuk baso malang atau mie ayam, di tempat ini dijadikan juga sebagai pelengkap cuanki.

Cuanki Serayu

Cuanki Serayu | Foto : id.openrice.com

Perihal harga, jangan ditanya. Sebab dengan merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 saja kita bisa menikmati menu makan dan minum dengan citarasa yang tentunya enak. Tertarik untuk menjajal tempat makan murah meriah di Bandung ini? datang saja ke Cuanki serayu yang beralamatkan di Jalan Serayu Bandung.

Leave a Reply