Rekreasi Murah Pecinta Burung di Pasar Burung Sukahaji Bandung

Pasar Burung Sukahaji Bandung

Pasar Burung Sukahaji Bandung | Foto : gopixpic.com

Siapa yang tak kenal Pasar Burung Sukahaji Bandung? Pasar ini merupakan pasar burung terbesar di kota Bandung, bahkan bisa dikatakan sebagai sentra burung di kota ini. beragam burung bisa ditemukan di tempat ini, mulai dari burung kicau hingga burung hias yang memiliki kelebihan dari warna bulunya.

Pasar burung Sukahaji Bandung, sebenarnya tidak hanya menjual burung tetapi semua jenis unggas semisal ayam hingga bebek, meski jumlahnya tak sebanyak burung. Sebagai sentra burung, pasar ini pun menyediakan beragam perlengkapan dan keperluan pecinta burung, mulai dari sangkar atau kurung, wadah makanan hingga makanan burung itu sendiri.

Pakan Burung di Pasar Burung Sukahaji Bandung

Pakan Burung di Pasar Burung Sukahaji Bandung | Foto : omkicau.com

Seperti diketahui, meski pun burung hias dan burung berkicau dipelihara dalam sangkar, namun pecinta burung tak pernah lupa untuk memberi pakan alami. Pakan alami yang sering diberikan dan bisa didapat di tempat ini terdiri dari dua jenis yaitu tumbuhan dan hewan.

Untuk jenis tumbuhan, makanan hewan bisa didapat dari jenis sereal seperti millet, sorgum, kacang-kacangan, beras, pisang, jagung dan seterusnya. Sementara dari jenis hewan, ulat dan serangga lebih mendominasi, semisal jangkrik, ulat hongkong dan kroto atau telur semut rangrang. Keberadaan pakan burung inilah yang kemudian memberikan wajah unik bagi pasar burung ini. Sebab, tak sedikit ditemukan jongko yang khusus menjual pakan di pasar ini.

Burung di Pasar Burung Sukahaji

Burung di Pasar Burung Sukahaji | Foto : forum.indowebster.com

Sebagai tempat yang dikelilingi oleh unggas, tempat ini bisa menjadi atraksi wisata tersendiri, terutama bagi pecinta burung peliharaan. Tak bisa dipungkiri jika pecinta burung peliharaan akan selalu terkesima dan merasa tenang jika berada di dekat burung. Terlebih beragam jenis burungĀ  ada di tempat ini, karenanya tempat ini bisa dianggap sebagai tempat rekreasi murah bagi pecinta burung.

Satu hal yang perlu diperhatikan, hampir semua burung yang ada di tempat ini berasal dari penangkaran. dengan demikian, pasar ini memberikan peluang yang besar bagi siapa saja yang ingin memasarkan hasil ternaknya.

Pasar Sukahaji Bandung

Pasar Sukahaji Bandung | Foto : ermhs.wordpress.com

Dari sudut pandang lain, penangkaran atau peternakan burung di Bandung yang saat ini berkembang dengan sangat pesat, tentunya bisa dianggap sebagai ladang usaha yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Bayangkan harga satu ekor burung yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah, maka berapa omzet yang bisa didapat hanya lewat ternak. Karenanya, pasar burung Sukahaji Bandung ini, sangat layak untuk dianggap sebagai sarana pengentasan pengangguran di kota Bandung. Setidaknya menjadi salah satuĀ  fasilitas masyarakat untuk mendapatkan penghasilan yang layak.

Leave a Reply