Sentra Rajut Binong, Alternatif Wisata Belanja di Kota Bandung

Sentra Rajut Binong

Sentra Rajut Binong | Foto : sentraindustribandung.com

Sentra Rajut Binong, mungkin jarang sekali orang yang mengenalnya. Namun demikian, hasi produksi rajutan di wilayah ini telah tenar di pasar-pasar besar nasional. Bahkan ada beberapa pengrajin yang berhasil memasarkan produknya untuk pasar luar negeri.

Di Bandung sendiri, hasil produksi di wilayah ini kerap ditemukan di pasar-pasar yang terkenal dengan harga murah, semisal pertokoan di wilayah Alun-alun, ITC Kebon Kalapa, Pasar Andir dan sebagainya.Tak jarang juga yang dipasarkan di Factory Outlete. Namun demikian, murah tak selalu berbanding dengan buruknya kualitas. Hal itu bisa dipahami dengan sangat mudah, bahwa proses rajut pada dasarnya sama. Dengan kata lain, yang membedakan kualitas bukanlah bentuk atau hasil rajutan, melainkan lebih pada bahan atau benang yang digunakan.

Sentra Rajut di Bandung

Sentra Rajut di Bandung | Foto : amazingbandung.com

Jika kita berjalan-jalan menelusuri wilayah Binong, tak jauh dari perempatan Binong menuju ke Bandung Super Mall atau yang sekarang terkenal sebagai Trans Studio Bandung, kita akan melihat beberapa pertokoan yang menawarkan produk rajut. Semisal sweater, tas, syal dan seterusnya.

Namun, jika kita memasuki jalan Binong Jati, maka kita akan terpesona dengan banyaknya rumah yang menyediakan jasa pemesanan produk rajut. Sebagai sentra industri atau kerajinan, hal ini sangatlah wajar mengingat Sentra Rajut Binong lebih banyak digeluti sebagai industri rumah tangga.

Produksi Rajut di Binong Bandung

Produksi Rajut di Binong Bandung | Foto : www.pikiran-rakyat.com

Pemesanan dalam jumlah besar memang bisa dilakukan di wilayah ini. Namun, pengunjung pun bisa membeli produk jadi secara eceran. Produk jadi seperti ini biasanya terpajang di etalase atau beberapa toko kecil yang menyatu dengan rumah produksinya. Harga yang ditawarkan tentunya sangat murah, bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ditetapkan setelah masuk toko. Satu hal yang bisa dijadikan pegangan jika ingin membeli produk di tempat produksinya langsung, pembelian dalam jumlah banyak akan membuat harga semakin murah.

Karenanya, tak jarang banyak pembeli di tempat ini yang membeli produk rajut dalam hitungan lusin dan kodi. Pembelian dalam jumlah seperti itu, lebih banyak dilakukan oleh mereka yang berniat untuk menjualnya kembali (reseller). Meski pemesanan dengan desain tertentu, kiranya selalu menjadi pilihan utama golongan reseller.

Produksi Rajutan di Binong Bandung

Produksi Rajutan di Binong Bandung | Foto : bengkulu.antaranews.com

Tertarik untuk berbelanja murah atau menjadi penjual produk rajutan? Datang saja langsung ke Bandung dan kunjungi sentra rajut Binong. Di tempat ini Anda bukan hanya bisa membeli produk rajut yang telah jadi, melainkan bisa memesan sesuai dengan desain yang diinginkan. Tentunya dengan harga yang sangat murah.

Leave a Reply