Wisata Belanja, Jeans Murah di Cihampelas Antara Fakta dan Sejarah

Jeans Murah

Jeans Murah | Foto : www.bajumurah-tanahabang.com

Jeans Murah, bisa dikatakan sebagai produk yang paling banyak dicari dari masa ke masa. Hal ini wajar, mengingat jeans telah menjelma sebagai  pakaian umum dari segala kelompok umur dan kelas sosial. Bukan hanya itu, jeans pun kerap digunakan sebagai pakaian pada acara-acara resmi sekali pun. Dengan kata lain, jeans bukan lagi mode cassual yang hanya bisa digunakan untuk bersantai, tetapi bisa digunakan untuk ‘segala medan’.

Cihampelas merupakan salah satu area wisata belanja terkenal di Kota Bandung. Dari awal pendiriannya, kawasan ini memang sengaja dikembangkan sebagai pusat jeans di kota Bandung. Meski dalam perkembangannya, segala jenis pakaian terutama pakaian santai turut mewarnai kawasan ini. Hingga saat ini, kawasan Cihampelas berkembang menjadi salah satu pusat wisata belanja untuk beragam jenis pakaian. Namun demikian, jeans sebagai produk unggulan di kawasan ini, masih dipertahankan. Tentunya dengan harga murah atau sangat terjangkau.

Kawasan Cihampelas Bandung

Kawasan Cihampelas Bandung | Foto : www.bandungtourism.com

Di sisi lain, sebuah ironi muncul akibat perubahan dan perkembangan kota. Beragam pusat perbelanjaan berdiri di kota Bandung, terutama yang marak di akhir 90’an hingga awal millenium. Semisal pendirian Factory Outete di kawasan Dago, Mall-mall yang tersebar di kota Bandung, trade center, hingga ratusan distro yang muncul bak jamur di musim hujan.

Keadaan seperti ini, tentu saja  secara langsung berdampak pada ketenaran Cihampelas sebagai pusat Jeans terbesar di kota Bandung. Terlebih, dengan pendirian Ciwalk (Cihampelas Walk) sebagai pusat perbelanjaan modern yang membuat kawasan Cihampelas sebagai pusat jeans murah seolah terpinggirkan.

Outlet-outlet di Kawasan Cihampelas Bandung

Outlet-outlet di Kawasan Cihampelas Bandung | Foto : bandungtourservice.com

Alhasil, banyak outlet jeans di Cihampelas yang terpaksa menutup usahanya sebab tak sanggup meredam persaingan. Hal ini bisa juga dikatakan bahwa animo masyarakat terhadap outlete-outlete yang menawarkan barang murah, mulai beralih pada outlete atau pusat perbelanjaan yang berkesan modern dan berkelas.

Meski demikian, beberapa outlete jeans yang ada di Cihampelas seolah masih tegar menghadapi persaingan semacam ini. Satu hal yang patut dibanggakan, outlete-outlete yang bertahan bukan hanya menjadi saksi sejarah ketenaran Cihampelas. Melainkan masih memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan wisata, terutama wisata belanja di Kota Bandung.

Kawasan Wisata Belanja Cihampelas Bandung

Kawasan Wisata Belanja Cihampelas Bandung | Foto : www.australialikethis.com

Hal ini terbukti dengan peningkatan arus wisata ke wilayah ini, terutama bagi mereka yang menggunakan trip dari agen-agen wisata. Kawasan Cihampelas sebagai pusat jeans murah di Kota Bandung, tak luput dari agenda kunjungan wisata mereka. Banyak alasan yang kuat di balik kunjungan tersebut. Di samping wisata belanja, jejeran outlete di Cihampelas memang terbilang unik dan sangat layak untuk dijadikan objek fotografi. Tertarik untuk menjajal seperti apa keunikannya? Datang saja langsung ke Cihampelas Bandung.

Leave a Reply