Menikmati Citarasa Masakan Sunda di D’Seuhah Da Lada

D’Seuhah Da Lada

D’Seuhah Da Lada | Foto : tangkubanperahubandung.blogspot.com

D’Seuhah Da Lada merupakan salah satu restoran di wilayah Lembang. Sepintas, namanya mungkin terkesan kebarat-baratan, namun nama tersebut sebenarnya merupakan istilah Sunda yang berasal dari kata seuhah dan lada.

Seuhah adalah ungkapan untuk menyebutkan seseorang yang berdesis saat merasakan sensasi pedas atau lada dalam bahasa sunda. Dengan demikian seuhah dan lada bisa diartikan desisan yang keluar karena sensasi pedas. Kendati namanya sangat merepresentatifkan citarasa pedas, namun dalam kenyataannya, lebih banyak menu yang tidak memiliki citarasa pedas.

Menu D’Seuhah Da Lada

Menu D’Seuhah Da Lada | Foto : www.promoapa.com

Di lain sisi, Bahasa Sunda ini jugalah yang kemudian menentukan kategori restoran ini sebagai restoran atau rumah makan Sunda. Namun demikian, segala macam menu masakan Sunda yang ada di tempat ini, telah dipadukan dengan menu masakan barat. dengan kata lain kita bisa menyicipi percampuran citarasa antara Sunda dan Barat. atau, bisa juga menu masakan Sunda yang dipresentasikan ala barat. Banyak juga yang menganggap bahwa menu masakan Sunda di tempat ini mengusung tema modern.

Beberapa menu masakan Sunda yang bisa dinikmati di D’Seuhah Da Lada ini dibagi atas beberapa kategori seperti

  • meat atau olahan daging-dagingan yang berupa daging pepes, bakar hingga goreng.
  • sate atau olahan daging bakar dengan saus kacang dan kecap. Di kategori ini, menu yang paling unik dan dianggap sebagai khas Lembang adalah sate kelinci. Di samping sate ada iga sapi bakar.
  • fresh fish yang berupa olahan ikan. Mulai ikan goreng, bakar hingga sup ikan. Sementara ikan yang bisa dipesan sebagai olahan adalah ikan mas, ikan nila dan ikan gurame.
  • vegetable yang berupa sayur-sayuran berkuah, semisal sayur kacang merah dan sayur asem.
Menu Minuman D’Seuhah Da Lada

Menu Minuman D’Seuhah Da Lada | Foto : kostsetiabudibandung.blogspot.com

Selain makanan kita juga bisa mendapatkan beragam minuman. Namun minuman yang terkenal di tempat ini umumnya berupa jus dan ice cream. Yang unik adalah hadirnya beragam penamaan jus dengan bahasa lokal, semisal Hariring Kuring, Layung koneng, Tepang Sono, Mega Lembang dan sebagainya. Uniknya, penamaan jus dalam bahasa Sunda tersebut bisa didapat dalam kategori Therapy Juice sebagai minuman kesehatan.

Di samping jus, pengunjung bisa juga menikmati olahan susu, terutama milk shake dengan beragam rasa. Semisal milkshake strawberry, mocca, avocado, float dan sebagainya.

Tertarik untuk menikmati bagaimana keunikan menu masakan sunda di D’Seuhah Da Lada? Datang saja langsung ke lokasi yang beralamatkan di Jalan Raya Lembang No. 121, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Leave a Reply