Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung Langganan Para Artis

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung | foto: sajiansambara.com

Saat dilihat dari arah luar tempat makan di Jalan Setiabudi Bandung nomor 159 ini terlihat tidak ada sesuatu yang istimewa. Bahkan bentuk bangunannya sendiri tidak menandakan jika lokasi itu adalah rumah makan, kecuali pada plakatnya saja. Bahkan dapat dikatakan hampir mirip dengan rumah tempat tinggal biasa.

Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung Langganan Para Artis

Keistimewaan mak Uneh

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung

Karedok Khas Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung | foto: james-eats.blogspot.com

Tapi ketika bicara tentang tingkat kepopulerannya, maka resto yang punya nama Mak Uneh ini merupakan salah satu jawaranya di kota kembang. Terutama untuk masakan tradisional Sunda.

Resto yang memakai label kata warung tersebut memang sangat identik dengan sekali segala hal yang berhubungan dengan budaya Pasundan. Dalam bangunannya terdapat beberapa unsur dari bahan kayu, menjadikan suasana ruang terasa lebih hangat.

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung

Pepes Oncom Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung | foto: commons.wikimedia.org

Dan inilah yang sangat istimewa. Ketika pengunjung masuk melalui pintu, akan menjumpai foto-foto artis atau selebriti terkenal dari ibukota yang pernah singgah dan menikmati sajian masakan di tempat makan di Jalan Setiabudi Bandung ini. Di situ terdapat foto musisi Katon Bagaskara, mendiang Indra Safera dan sebagainya.

Setelah masuk ke dalam lagi, akan terlihat foto lain berukuran besar, gambar pengelola warung ini yaitu Mak Uneh. Menurut cerita resto bergaya tradisional tersebut telah berdiri sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Pengelolanya yang sekarang merupakan generasi ketiga atau cucunya.

Hal tersebut merupakan suatu pertanda apabila pemiliknya memang mempunyai keahlian khusus dalam membuat masakan sekaligus mengelola menajemennya.

Aneka menu pilihan

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung

Sambal Lalap Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung | foto: travelaxia.wordpress.com

Warung Mak Uneh menyediakan aneka masakan tradisional Sunda yang jenis maupun ragamnya banyak sekali. Mulai dari pepes seperti pepes ayam, peda, tahu, cumi, oncom, sambal goreng ati dan sebagainya semua tersaji dengan lengkap.

Demikian pula dengan masakan khas lainnya seperti soto Bandung, usus, ati, sop buntuk, sayur asem, sop kikil, ikan bakar, kerang kecil hingga ayam goreng atau bakar semua punya cita rasa yang tak tertandingi. Apalagi dengan sambalnya yang juga terdiri dari berbagai jenis varian.

Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung

Ayam Goreng Andalan Mak Uneh, Tempat Makan di Jalan Setiabudi Bandung | foto: sylphar.wordpress.com

Di antara sekian banyak menu pilihan yang ada, beberapa olahan yang sering direkomendasikan oleh wisatawan yang pernah datang ke Warung Mak Uneh adalah leunca, limpa goreng, sambal goreng kentang, ayam goreng dan gepuk.

Sambal goreng dari tempat makan di Jalan Setiabudi Bandung ini tidak terlalu pedas dan dapat dinikmati bersama dengan nasi. Sementara gepuknya terasa sangat gurih. Satu lagi yang mampu membuat pelanggan suka datang ke Warung Mak Uneh adalah harganya yang sangat ekonomis alias murah sekali.

Leave a Reply