Berwisata Budaya di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung

25 Likes Comment
Rumentang Siang Bandung

Wisata seni memang sering kali dikalahkan oleh wisata alam, wisata kuliner, atau wisata belanja. Namun, jika Anda bosan dengan wisata-wisata tersebut, wisata seni atau budaya bisa menjadi pilihan lain. Salah satu tempat wisata seni atau budaya yang ada di Bandung adalah Gedung Kesenian Rumentang Siang. Sesuai dengan namanya, di gedung ini sering kali diselenggarakan acara-acara kesenian khas Sunda.

Rumentang Siang di Masa Belanda

Gedung Kesenian Rumentang Siang adalah salah satu peningalan Belanda. Pada masa kekuaasan Belanda sekitar tahun 1930-an, gedung ini dijadikan sebagai gedung bioskop.  Gedung ini sangat kental dengan arsitektur Eropa dan bergaya art-deco. Gaya yang pada kala itu memang sedang menjadi tren.

Dalam bahasa Sunda, Rumentang berarti Samar dan Sinag berarti jelas. Jadi, Rumentang Siang memiliki arti “samar” dan “jelas”. Maksud dari penggunaan nama ini adalah bahwa para seniman yang awalnya samar-samar dan datang dari berbagai penjuru dengan adanya gedung ini bisa menjadi eksis serta karyanya bisa dinikmati orang banyak.

Rumentang Siang Masa Kini

Kondisi Gedung Kesenian Rumentang Siang sekarang ini kurang terurus. Hal ini mungkin terjadi karena pemerintah daerah setempat menganggapnya sebagai bangunan tua yang sudah tidak laku lagi. Padahal, jika dirawat dengan baik gedung ini bisa menjadi salah satu tempat wisata bersejarah karena sarat akan nilai sejarah. Hal inilah yang harusnya disadari oleh mereka.

Meskipun kurang terawat, namun banyak seniman Bandung yang menggunakan gedung ini sebagai markas mereka mulai dari pemain teater, penari, penyair, penyanyi, dan sebagainya. Mulai dari situlah kemudian di gedung ini sering dipakai sebagai tempat latihan dan tempat pertunjukkan kesenian.

Anda berminat untuk menyaksikan pertunjukkan di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung ini? Langsung saja datang ke Jalan Baranangsiang No. , Kebon Pisang Sumur Bandung. Jika kebetulan di gedung ini sedang diadakan pertunjukkan, dijamin Anda akan sangat menikmati pertunjukkannya sambil bernostalgia dengan suasana Bandung tempo dulu. Selamat bekunjung.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *