Toko You, Satu-satunya Cafe Jamu Bandung yang Bisa Ditemui

Cafe Jamu Bandung

Cafe Jamu Bandung | foto: http://gastronomyaficionado.files.wordpress.com/

Bukan merupakan perkara yang mudah untuk menemukan cafe jamu Bandung yang benar-benar berujud cafe dengan menu utama berupa aneka minuman maupun olahan yang mengandung obat herbal untuk kesehatan. Yang ada hanyalah berupa toko jamu menjual jamu baik dalam bentuk kemasan atau diminum di tempat. Namun tetap saja lokasi ini tidak dapat dikatakan sebaga cafe karena tidak bisa untuk nongkrong sebagaimana cafe lainnya.

Toko You, Satu-satunya Cafe Jamu Bandung yang Bisa Ditemui

Toko You

Di seluruh pelosok kota kembang ini, mungkin hanya ada satu saja resto yang dapat dikatatakan cafe jamu yaitu Toko You yang terletak di Jalan Hasanudin 12. Meski berupa toko, tapi tempat ini bisa digunakan untuk bersantai atau nongkrong karena menyediakan meja dan kursi bagi para pelanggannya.

Cafe Jamu Bandung

Suasana di Cafe Jamu Bandung | foto; http://1.bp.blogspot.com/

Toko ini sudah berdiri sejak lama pada tahun 1947. Ketika itu jualan utamanya adalah keju serta roti. Dalam perkembangannya menjadi cafe dengan menu utama berupa makanan bakso dan mie. Jika tidak suka dengan masakan tersebut, bisa memilih menu lainnya seperti rawon daging bakar, dimsum dan sebagainya.

Minuman jamu dan suasana cafe

Cafe Jamu Bandung

Wedang Secang di Cafe Jamu Bandung | foto: http://www.sehataja.com/

Bicara tentang minuman, hal inilah yang menjadikan Toko You layak disebut sebagai cafe jamu Bandung meski bukan dalam arti yang sebenarnya. Cafe atau resto ini menyediakan aneka menu minuman berupa jamu seperti beras kencur, kunyit asem, brotowali, wedang secang dan lainnya.

Namun sayangnya menu ini bukan dijadikan sebagai pilihan utama atau yang direkomendasikan. Padahal jenisnya cukup banyak, bahkan disediakan pula kemasan dalam botol yang bisa dibawa pulang. Selain itu jamu atau minuman ini merupakan buatan sendiri, bukan hasil produksi pabrik dan industri.

Cafe Jamu Bandung

Rawon Berbahan Rempah di Cafe Jamu Bandung | foto; http://1.bp.blogspot.com/

Meski mempunyai pelanggan tetap dalam jumlah yang cukup banyak, namun bagi mereka yang baru pertama kali datang ke kota Bandung akan kesulitan menemukan cafe nyentrik ini. Karena pada bagian depannya tidak ada papan nama atau plakat sama sekali. Menurut pemiliknya, cafe ini tetap mampu menjaring pelanggan meski promosinya hanya menggunakan sistem dari mulut ke mulut saja.

Apabila dilihat dari arah luar, toko atau cafe yang tempatnya agak menyempil di jalan besar ini terlihat sangat jadul sekali, benar-benar bernuansa tempo doeloe bahkan ditata dengan cara yang sangat sederhana, jauh dari kesan modern.

Cafe Jamu Bandung

Minuman Tradisional Cafe Jamu Bandung | foto; http://upload.wikimedia.org/

Namun justru konsep alami inilah yang menjadikan Toko You atau cafe jamu Bandung ini bisa menarik perhatian pengunjung. Apalagi ketika sedang duduk bersantai di luar ruang, kadangkala akan terdengar suara tokek yang nyaring atau terlihat loncatan bajing di atas pohon. Benar-benar sebuah suasana yang sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Leave a Reply