Kopi Purnama, Cafe Enak di Bandung Untuk Bersantai Sambil Ngopi

Cafe Enak di Bandung

Cafe Enak di Bandung | foto; http://sprudge.com/

Kopi Purnama merupakan cafe enak di Bandung yang bisa dipilih sebagai tempat untuk bersantai sambil minum kopi. Coffes shop ini telah ada sejak jaman penjajahan dulu, persisnya pada tahun 1930. Karena itu bangunannya tergolong tua, namun tetap terlihat indah dan terawat dengan baik.

Kopi Purnama, Cafe Enak di Bandung Untuk Bersantai Sambil Ngopi

Kilas sejarah Kopi Purnama

Cafe Enak di Bandung

Cafe Enak di Bandung | foto; http://sprudge.com/

Saat baru dibuka pertama kali, cafe ini menggunakan nama Chang Chong Ce yang artinya adalah Silahkan Mencoba. Beberapa puluh tahun kemudian, persisnya pada 1966 dirubah jadi Warung Kopi Purnama. Hingga saat ini coffeshop yang perintisannya dilakukan seorang warga keturuan Tionghua bernama Yong A Thong ini dikelola oleh penerusnya sebagai generasi keempat.

Bicara tentang penataan ruang atau interior, sebenarnya tak ada yang begitu istimewa di cafe ini. Meja dan kursi tempat duduknya dibuat memanjang dan memunculkan kesan yang begitu kokoh. Meski ditata secara rapat, namun tetap nyaman untuk bersantai.

Hiasan ruangnya berupa lukisan serta beberapa gambar yang dipajang di dinding berwarna krem. Langit-langit atau plafonnya berukuran tinggi tidak berbeda jauh dengan bangunan kolonial pada masa lalu. Di balik kesederhanaannya inilah cafe enak di Bandung tersebut justru menghadirkan suasana nostalgia yang begitu indah dan asyik untuk diselami.

Menu andalan dan pilihan lainnya

Cafe Enak di Bandung

Cafe Enak di Bandung | foto; http://www.foodinatlanta.com/

Sejak dulu sampai sekarang, Warung Kopi Purnama memiliki menu andalan yang tidak pernah berubah, yaitu kopi susu untuk makanannya dan roti srikaya untuk makanannya. Bahkan dapat dikatakan menu ini merupakan menu wajib bagi pengunjung yang telah lama menjadi pelanggan tetap.

Selain itu cafe yang terletak di Jalan Alkateri tersebut tetap melestarikan cita rasa maupun resep asli sekaligus menjaga kualitas serta mutu kopinya. Maka bukan merupakan hal mengherankan jika jumlah pengunjungnya tetap banyak dan selalu ramai setiap hari.

Warung Kopi Purnama tidak hanya menyajikan roti srikaya saja. Masih ada beberapa menu lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba atau dinikmati. Misalnya rodi dadar ham, lumpia goreng dan sebagainya.
Sedangkan makanan beratnya cukup banyak seperti bacang, nasi ayam, bubur ayam, gado-gado, lengko dan sebagainya. Kemudian untuk minumannya ada kopi atau teh tubruk, kopi susu baik yang hangat atau yang dingin dan es kelapa muda.

Menu andalan lain yang disajikan cafe enak di Bandung ini adalah kue yang sekarang sudah sulit untuk ditemui yaitu roti palm suiker. Bentuknya seperti roti biasa namun diberi tambahan berupa taburan gula palm. Rasanya, tentu saja sangat manis sekaligus mengenyangkan perut.

 

Leave a Reply