Mengulas Tempat Makan Bandung Terkenal

Tempat Makan Bandung Terkenal

Tempat Makan Bandung Terkenal | Foto : bandung.panduanwisata.com

Banyaknya tempat makan di Bandung memang tak diragukan lagi, namun seberapa banyak tempat makan Bandung terkenal yang anda Tahu? Menjawab pertanyaan ini, tentu saja sama susahnya dengan menentukan seberapa banyak tempat makan di Bandung. Alasannya sederhana, sesuatu yang terkenal tentunya akan memiliki beragam pemahaman sesuai dengan parameter keterkenalannya.

Semisal, KFC mungkin bukan hanya terkenal di Bandung, tetapi juga di Indonesia dan tak menutup kemungkinan terkenal di skala dunia. Namun demikian, banyaknya cabang dari KFC dengan tata ruangan, mode pelayanan dan menu yang bisa dikatakan seragam. Membuat tempat makan ini seolah menjadi biasa dan tak ada kesan mendalam untuk mengekspose keterkenalannya.

Mengulas Tempat Makan Bandung Terkenal

Warung Nasi Ceu Mar Bandung

Warung Nasi Ceu Mar Bandung | Foto : www.infobdg.com

Di lain pihak, tempat makan sederhana, murah mungkin saja akan menjadi heboh karena memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh tempat lainnya. Contohnya sangatlah banyak, C’mar atau Ceu Mar misalnya. Tempat makan ini pada dasrnya hanyalah rumah toko biasa. Penyajian menu secara parasmanan sebenarnya bukanlah hal biasa. Begitu pun dengan penyediaan tempat duduk yang hanya berupa kursi-kursi plastik tanpa sanggahan punggung dan tanpa meja, kiranya tak lebih nyaman dari warung tenda pinggir jalan yang memang selalu menyediakan meja, meski alakadarnya.

Namun, fakta menunjukkan bahwa tempat makan Bandung terkenal ini selalu ramai dikunjungi oleh para pemuda. Salah satu alasannya adalah karena tempat ini hanya buka pada malam hari dan menyediakan kebutuhan kuliner malam di Kota Bandung.

Perkedel Bondon

Perkedel Bondonn | Foto : portal.mbandung.com

Tempat lain yang tak kalah sederhana adalah Perkedel Bondon di depan Stasiun Lama Bandung. Melihat situasi dan tempatnya, tempat ini tak lebih dari warung atau dapur biasa, namun bagaimana tempat ini bisa begtu terkenal? Satu alasannya adalah tempat ini ada di saat yang tepat, yaitu saat kuliner malam dan wisata malam mulai merebak di Bandung di era 90 akhir.

Di era 2000, tempat makan terkenal semakin mengarah pada perpaduan tempat makan dan gaya hidup. Segmentasi utama yang disasar tempat makan ini adalah golongan umur pemuda. Sebagaimana diketahui, bahwa pemuda lebih senang dengan kegiatan berkumpul dan hal-hal baru yang sedang berkembang.  Untuk memfasilitasi hal ini, berbagai tempat makan terutama dalam kategori cafe mulai berkembang dan semakin menjamur hingga kini.

Cafe di Bandung

Cafe di Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.com

Satu kenyataan yang tak bisa ditutup-tutupi, kehadiran tempat baru atau cafe Baru selalu saja diserbu pengunjung.  Serbuan yang tentunya berdampak pada keterkenalan tempat tersebut.

Uniknya, sekali pun tempat makan berkategori cafe yang memiliki segmentasi pemuda tersebut banyak dikunjungi dan terkenal dengan begitu cepat, namun, keberadaan tempat-tempat lama yang memang sudah terkenal tak terkikis oleh kehadiran cafe tersebut. Faktanya, beberapa tempat makan Bandung terkenal yang sudah ada sejak lama, semakin menancapkan namanya sebagai legenda Rumah Makan di Bandung. Sebut saja Sari Sunda, Ampera, Ponyo, Warung Nasi Cikawao dan seterusnya.

Leave a Reply