Menjajal Tempat Makan Bandung Malam Legendaris

Tempat Makan Bandung Malam

Tempat Makan Bandung Malam | Foto : www.bosmobil.com

Tempat makan Bandung malam ini layak untuk dijajal, bagi mereka yang gemar menikmati kuliner di malam hari. Alasannya sangat mendasar, sebab tempat-tempat berikut bisa dikatakan sebagai legend dalam kuliner malam. Di sebut legend karena keberadaannya memang ditemui saat kuliner malam mulai menjamur dan ngetrend di kota Bandung di periode 90 akhir. Di periode ini, kuliner malam memang banyak menjamur.

Menjajal Tempat Makan Bandung Malam Legendaris

Beberapa yang akan dibahas berikut, bisa dikatakan sebagai sisa kejayaan kuliner malam yang masih beroperasi. Karenanya tempat berikut layak untuk dikunjungi sebagai tempat makan Bandung malam.

Nasi Kalong

Dari namanya saja tak bisa lagi diragukan jika kalong (kelelawar) memang selalu keluar saat malam hari. Satu keunikan yang ada di nasi kalong adalah warna makanannya yang terbilang ekstrim. Kita mungkin terbiasa dengan warna nasi kuning atau warna nasi merah. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan warna lain yang berupa nasi ungu, cenderung ke hitam.

Warna seperti ini, memang berasal dari beras merah namun diolah dengan campuran buah picung. Buah picung inilah yang kemudian membuat warna nasi menjadi gelap. Kendati demikian, nasi ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang pulen. Nasi Kalong bisa ditemui di Jalan RE Martha Dinata (Riau) nomor 47, Bandung. jam operasionalnya dimulai dari pukul 19.00 hingga pukul 03.00 WIB.

Perkedel Bondon

Tempat makan Bandung malam hari lainnya adalah perkedel bondon. Namanya mungkin teramat kasar, sebab bondon adalah istilah sunda yang merujuk pada perempuan nakal yang istilah sekarang disebut bispak, lonte namun belum atau tidak merujuk pada WTS yang memang sengaja menjajakan diri.

Penamaan bondon pun seringkali merujuk pada wilayahnya yang berada di stasiun Hall Bandung. wilayah ini, di beberapa periode ke belakang memang merupakan “wilayah merah” untuk perempuan-perempuan seperti ini. Ada juga yang mengatakan bahwa nama bondon untuk perkedel mengacu pada jam operasionalnya yang buka setiap malam pukul 11.

Terlepas dari penamaannya, perkedel di tempat ini memang termasuk perkedel yang enak dengan harga yang cukup murah. 1 perkedel dihargai Rp. 1000 dan bisa disantap bersama menu lainnya semisal empal, ayam goreng dan tentunya nasi hangat.

Warung Nasi Ceu Mar

Ceu Mar atau C’mar adalah tempat makan Bandung malam hari yang banyak dikunjungi oleh anak muda hampir di semua golongan ekonomi. Letaknya tak jauh dari Braga, tepatnya di jalan Cikapundung . warung ini menyajikan beragam kuliner Bandung, mulai dari semur jengkol hingga  gule sapi. Tempatnya memang di pinggir jalan, namun tak pernah sekali pun sepi pengunjung.

Leave a Reply