Suasana di Tempat Makan Bancakan Bandung

Tempat Makan Bancakan Bandung
Tempat Makan Bancakan Bandung | Foto : entertainment.kompas.com

Tempat makan Bancakan Bandung atau yang lebih dikenal dengan Warung Nasi Bancakan Abah Barna, berada di jalan Trunojoyo No. 62, Bandung. Lokasinya tak jauh dari Gedung Sate dan hanya beberapa meter dari Rumah Makan Sunda Sambara.

Suasana di Tempat Makan Bancakan Bandung

Tempat makan bancakan Bandung, bisa dikatakan sebagai salah satu tempat makan yang unik. Keunikan yang ditonjolkan dari tempat ini adalah kesederhanaan yang lebih mengarah pada kesan kampung dan “jaman bareto” atau zaman dahulu. Meski terkesan kampung, namun tempat ini sangat jauh dari kesan kampungan. Hal itu terbukti saat mendatangi tempat ini, beberapa mobil mewah terparkir memenuhi halamannya. Suasana yang bisa dikatakan kontras jika dibandingkan dengan desain eksterior yang apa adanya, tak lebih dari rumah biasa.

Masuk ke dalam, terlihat hiruk pikuk pengunjung yang hampir mirip dengan suasana di pasar tradisional. Bedanya, jika di pasar orang-orang mencari barang kebutuhan, maka di tempat ini orang-orang sibuk menunggu anteran, mencari tempat duduk dan hilir mudik mencari santapan selanjutnya.

Di meja saji atau meja display, beragam jenis menu terlihat di dalam wadah baskom. Baskom kaleng bercorak kembang itu, mungkin akan mengingatkan pengunjung pada hajatan di kampung-kampung, terutama hajatan di masa lalu.

Di sudut lain, puluhan gelas seng tertata bak piramid. Tatan tersebut bukanlah hiasan, melainkan memang sengaja sebagai sajian minum. Bukan hanya baskom dan gelas minum yang berbahan seng atau kaleng, alas makan atau piring pun memang menggunakan piring seng.

Maka bisa dibayangkan, bagaimana sebuah tempat makan Bancakan Bandung yang sangat ramai dan banyak dikunjungi oleh golongan ekonomi menengah ke atas, namun menggunakan peralatan yang sederhana, apa adanya bahkan berkesan kampung.

Gukan hanya peralatan makan yang memberikan kesan kampung, beragam menu yang disajikan pun memang memberikan kesan tersebut. Sebut saja genjer (semacam eceng gondok) yang ditumis, ulukutek leunca yang memang sudah jarang ditemui dan sebagainya. Belum lagi empat jenis sambal yang bisa dicicipi sebagai menu pelengkap. Untuk sambal, satu reomendasi bagi mereka yang gemar makan dengan sambal, pilihlah sambal peda bakar atau sambel beuleum peda yang memang terdiri dari sambal dan campuran ikan asin peda. Namun, bagi yang alergi dengan ikan asin, sebaiknya dihindari.

Makan masakan Sunda kiranya tak lengkap jika tanpa lalapan. Beraneka ragam lalapan disajikan di tempat ini, mulai dari lalapan yang biasa ditemukan hingga yang jarang ditemukan seperti daun pohpohan dan jotang.

Bagi penikmat peuteuy atau pete cina, tak perlu ragu untuk memilih beuleum peteuy atau pete bakar yang wanginya memang khas dan konon rasanya menjadi lebih enak. Tertarik untuk mengunjungi Tempat makan Bancakan Bandung? mari kuinjungi Bandung dan datang langsung ke alamat di atas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *