Rumah Makan Rencong Bandung, Sajian Ayam Bandung Selatan

Rumah Makan Rencong Bandung

Rumah Makan Rencong Bandung | Foto : karlida.blogspot.com

Berjalan-jalan ke wilayah Bandung Selatan, kita mungkin akan menemui satu rumah makan Rencong Bandung. Tempat yang terkenal dengan nama Ayam Bakar Rencong ini, terletak di Jalan Raya Banjaran nomor 253, Bandung.

Penamaan Rencong mungkin tidak berkaitan dengan salah satu senjata tradisional di Indonesia. melainkan lebih pada nama wilayah yaitu Renggas dan Condong yang kemudian disingkat menjadi Rencong. Wilayah ini memang terkenal sebagai wilayah kuliner di Banjaran. Beberapa nama lain semisal Bakso Mas Padli, Baso Rudal dan sebagainya turut mewarnai keragaman kuliner di daerah Banjaran dan Bandung Selatan pada umumnya.

Rumah Makan Rencong Bandung, Sajian Ayam Bandung Selatan

Kembali ke rumah makan Rencong Bandung yang terkenal dengan sajian ayam bakarnya. Tempat ini sebenarnya telah lama berdiri, bahkan bisa dikatakan sebagai pelopor lahirnya tempat ayam bakar di lokasi ini. Ayam bakar di sini terkenal dengan rasanya yang meresap ditambah dengan tekstur ayamnya yang terasa lembut dan halus. Hal ini mungkin terjadi karena ayam bakar di tempat ini sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. Pengolahan ayam sebelum dibakar, selain membuat bumbu lebih meresap, juga membuat proses pembakaran menjadi tidak terlalu lama. Hal ini terbukti dari kulit dan daging ayam yang berwarna merah sempurna, tidak gosong atau berwarna hitam.

Ayam Bakar Rumah Makan Rencong Bandung

Ayam Bakar Rumah Makan Rencong Bandung | Foto : resepmasakansederhana.info

Hanya dengan melihat warna merah yang berasal dari kecapnya saja, air liur sepertinya sudah bisa menentukan seperti apa citarasa daging bakar tersebut. Terlebih dengan pilihan sambal dan nasi putihnya yang masih mengepul. Ditambah dengan suasana kedaerahan yang kental di tempat ini, membuat selera makan menjadi bertambah dengan seketika.

Bukan hanya itu, Ayam bakar Rencong pun terkenal dengan tempatnya yang sangat bersih. Kebersihan tempat kiranya menjadi faktor utama yang memikat pelanggan Di samping juga harganya yang sangat terjangkau dan pas untuk kantung pelajar dan mahasiswa. Kenyataan seperti itulah yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi, bukan hanya oleh penduduk sekitar tetapi juga oleh mereka yang sengaja datang dari tempat lain, termasuk juga para wisatawan.

Ayam Bakar Rencong Bandung

Ayam Bakar Rencong Bandung | Foto : kulinerindonesia.pusatjualmurah.com

Tertarik untuk menikmati seperti apa kenikmatan ayam bakar di Rumah Makan Rencong Bandung yang terkenal di wilayah Banjaran, Bandung Selatan ini? Datang saja ke wilayah Banjaran, Bandung. Jalur yang paling mudah untuk ditempuh, yaitu melalui pintu tol Buah Batu Bandung, lalu berbelok ke arah kanan. Susuri terus jalanan tersebut hingga melalui Bojong Soang Bandung, tak jauh dari bjong Soang, kita akan sampaiĀ  di Banjaran.

Leave a Reply