Wisata Sejarah di Gua Pawon Bandung Barat

Wisata Sejarah di Gua Pawon Bandung Barat

Wisata Sejarah di Gua Pawon Bandung Barat | Foto : bandung.panduanwisata.com

Ingin berwisata sejarah? Coba saja ke kunjungi tempat wisata sejarah di Gua Pawon Bandung Barat. Tempat wisata ini merupakan salah satu situs purbakala yang ada di Bandung. Selain berwisata, dengan mengunjungi tempat seperti ini Anda juga bisa sekaligus mempelajari sejarah. Tanpa banyak basi-basi lagi, mari simak informasinya berikut.

Wisata Sejarah di Gua Pawon Bandung Barat

Lokasi Gua Pawon

Tempat wisata Goa Pawon ada di Desa Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang. Lokasinya sekitar 25 km dari Kota Bandung kearah barat. Goa ini adalah situs purbakala orang Sunda. Konon di sinilah tempat ditemukannya kerangka manusia yang merupakan nenek moyang dari orang Sunda.

Tempat wisata sejarah di Gua Pawon Bandung Barat ini berada sekitar 601 mdpl di atas bukit Pawon yang menjadi lokasi penambangan batu kapur. Gua ini memiliki panjang sekitar 38 m dengan lebar 16 m. Untuk tingginya sendiri tidak diketahui karena ada beberapa bagian atap yang sudah roboh. Di gua ini terdapat beberapa rongga semacam kamar-kamar dengan jendela yang alami.

Gua Pawon sebagai Situs Purbakala

Berdasarkan hasil survey G.H.R. Von Koenigswald dan A.C. De Yong yang dilakukan dari tahun 1930 hingga 1935 diasumsikan letak gua ini ada di tepi Danau Bandung Purba. Di sini juga banyak ditemukan berbagai peralatan zaman purba yang terbuat dari bahan kalsidon, obsidian, rijang, kwarsit, dan andesit yang berbentuk gelang batu, anak panah, penyerut, pisau, dan batu asah yang berasal dari zaman Preneolitik. Di gua ini juga banya ditemukan berbagai artefak zaman purbakala seperti gerabak, alat perhiasan, spatula, dan sebagainya. Pada zaman ini manusia sudah mulai hidup secara menetap di ceruk atau gua-gua di perbukitan.

Tempat di mana manusia purba ini ditemukan bisa ditempuh dengan melalui jalur semacam labirin. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena gua ini cukup terang. Di sisi utara Gua yang dipagari, Anda bisa menemukan sosok tulang manusia dengan posisi meringkuk. Ini bukanlah tulang kerangka yang asli karena kerangka aslinya sudah disimpan di Balai Arkeologi Bandung. Itupun hanya tengkorak dan rahangnya saja karena bagian lain sudah rapuh dan hancur.

Itulah sekilas informasi tentang tempat wisata sejarah di Gua Pawon Bandung Barat. Gua Pawon ini memang belum seterkenal tempat wisata lainnya. Tapi, bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar sejarah Anda bisa mengunjungi tempat ini. Selamat berwisata.

Leave a Reply