Wajit Cililin Bandung – Si Manis Legit dari Bandung Barat

Wajit Cililin

Wajit Cililin | Foto : www.tokopedia.com

Beberapa pengunjung yang pernah ke Bandung tentu sudah tahu tentang wajit Cililin ini. Makanan manis legit ini merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Bandung, tepatnya dari Bandung Barat. Wajit khas Cililin ini sudah terkenal sejak dulu bukan saja di tataran Bandung, bahkan hingga ke luar kota Bandung. Seperti apa wajit khas Cililin ini? SImak informasinya berikut.

Wajit Cililin Bandung – Si Manis Legit dari Bandung Barat

Sekilas tentang Wajit khas Cililin

Wajit khas Cililin ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Bentuknya mengerucut seperti piramida dan dibungkus dengan daun jagung kering. Makanan tradisional ini biasanya disajikan di acara-acara khusus seperti perayaan hari raya, hajatan nikahan atua khitanan, syukuran, dan sebagainya.

Pembuatan wajit khas Cililin ini sangat sederhana yaitu dengan mencampurkan semua bahan kemudian diberi air secukupnya dan dimasak hingga adonan menjadi kental. Proses pembuatannya sendiri bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Wajit ini kemudian dibungkus dengan kulit jagung kering dan dijemur dengan menggunakan nampan besar yang terbuat dari bambu. Wajit pun siap dipasarkan.

Sentra Wajit Cililin

Untuk bisa mendapatkan wajit khas Cililin ini, Anda bisa menemukannya di berbagai kios atau toko oleh-oleh khas Bandung seperti di Pasar Baru, di Pasar Kosambi, di terminal Leuwi Panjang, dan sebagainya. Namun, jika Anda ingin berkunjung langsung ke sentra wajit Cililin yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Jika Anda berkunjung ke Bandung Barat seperti ke kawasan Sagulig, SIndangkerta, atau Curug Malela, Anda tentu akan mudah menemukan wajit khas Cililin ini.

Selain rasanya yang legit, wajit ini juga bisa menahan rasa lapar Anda. Coba saja makan 3 hingga 4 buah wajit khas Cililin. Rasa lapar Anda bisa tertunda hingga beberapa waktu ke depan. Wajit ini juga bisa bertahan hingga 2 minggu jika disimpan di tempat yang kering. Namun, hati-hati jika menyimpannya di tempat yang lembab karena akan musah berjamur. Selain wajit khas Cililin, ada juga makanan khas lain seperti angling, lamaya, dodol kacang gurilem, dorokdok, dan sebagainya. Ini bisa Anda jadikan sebagai alternative lain untuk dijadikan oleh-oleh sanak keluarga.

Anda tertari untuk mencoba wajit khas Cililin ini? Tunggu apalagi? Ayo kunjungi Bandung dan nikmati oleh-oleh khas Bandung Barat ini.

Demikianlah informasi tentang wajit Cililin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply