Wisata Budaya di Taman Budaya Bandung

Taman Budaya Bandung

Taman Budaya Bandung | Foto : rudihendarli.blogspot.com

Ingin berwisata budaya di Bandung? Kunjungi saja Taman Budaya Bandung. Bandung memang lekat dengan budaya Sunda. Hingga kini masih banyak tempat wisata yang mengusung tema budaya Sunda sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya Sunda ini. Salah satunya adalah dengan dibukanya Taman Budaya di Bandung ini. Dulunya Taman Budaya ini adalah Dago Tea Haouse. Oleh karena itu, hingga kini masih banyak masyarakat yang menyebutnya dengan nama Dago Tea House.

Wisata Budaya di Taman Budaya Bandung

Ada Apa Saja di Taman Budaya di Bandung?

Taman Budaya Bandung ini berdiri sejak tahun 1978, namun baru diresmikan tahun1991. Lokasinya sendiri berada di Dago. Pada malam hari, Anda akan melihat gemerlap lampu-lampu rumah dari atas Bukit Dago yang menjadi lokasi Taman Budaya ini.

Di tempat wisata budaya yang satu ini, ada berbagai prasarana dan sarana yang tersedia seperti ruang workshop, wisma seni, gallery the, dan sebagainya. Di sini juga sering diadakan pagelaran seni Sunda seperti kawih parahyangan, pagelaran Apresiasi Seni Pelajar, Pagelaran Metadata, Pagelaran Angklung. Pagelaran Gending, Pagelaran Senratari, serta Workshop kriya bamboo. Pagelaran-pagelaran ini biasanya sudah terjadwal. Untuk jadwalnya sendiri Anda bisa melihatnya di pintu gerbang masuk. Selain pergelaran-pergelaran rutin ini, ada juga pagelaran yang dilakukan setiap sebulan sekali yaitu Pesona Budaya Sumedang.

Penginapan dan Restoran di Taman Budaya di Bandung

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Budaya ini, penulis sarankan agar mengunjunginya pada malam hari. Mengapa begitu? Hal ini karena pada malam harilah pergelaran biasanya diadakan. Selain itu, suasana Taman Budaya pada malam hari jauh lebih indah, ramai, dan meriah dibanding dengan pada siang hari.

Lalu, bagaimana jika kemalaman di tempat ini? Anda tidak perlu khawatir karena di sini banyak penginapan yang tersedia. Tak hanya penginapan, di sini juga banyak tempat makan khas Sunda yang sangat sayang jika dilewatkan. Di tempat-tempat makan ini Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Sunda seperti bajigur, kacang rebus, ubi rebus, jagung rebus, dan sebagainya. Jika Anda ingin menikmati suasana cafe, di sini juga banyak terdapat cafe yang bisa Anda kunjungi.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi Taman Budaya Bandung ini? Tunggu apalagi? Segera agendakan acara liburan Anda bersama keluarga ke tempat wisata budaya yang satu ini. Selain berwisata, Anda juga  turut melestaikan budaya Sunda.

Leave a Reply