Menu Khas Sunda di Rumah Makan Natural Bandung

Rumah Makan Natural Bandung

Rumah Makan Natural Bandung | Foto : plus.google.com

Rumah Makan Natural Bandung atau yang dikenal juga dengan Natural Resto and Strawberry Land adalah salah satu tempat makan yang berada di wilayah Lembang atau kawasan Bandung Utara. Penyebutan strawberry land terhadap tempat ini sangatlah beralasan, mengingat tempat ini memang berada di kebun strawberry.

Kebun strawberry memang disajikan sebagai atraksi wisata utama di Rumah Makan Natural Bandung ini. seperti halnya atraksi wisata kebun strawberry di tempat lainnya, di sini pun pengunjung bisa memetik langsung strawberry untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau makan di tempat. Tentunya dengan harga yang telah ditetapkan.

Menu Khas Sunda di Rumah Makan Natural Bandung

Menu

Tempat yang juga mengusung restoran atau rumah makan ini, tentunya tak akan lepas dari pembicaraan tentang menu yang disajikan. Tempat makan ini, pada dasarnya merupakan restoran sunda atau menyajikan menu-menu masakan jhas Sunda. Hal itu wajar, mengingat tempat ini berada di lokasi yang memang dicanangkan sebagai objek wisata yang menonjolkan kesan kedaerahan.

Beberapa menu andalan di Rumah Makan Natural Bandung ini, kiranya hampir sama dengan restoran sunda lainnya. Semisal Nasi Tutug Oncom yang terdiri dari campuran nasi dan sangrai oncom ditambah dengan lauk pauk yang lengkap seperti tahu goreng, tempe goreng, daging ayam dan tak lupa sambal dan lalapan khas Sunda.

Atau nasi timbel yang terdiri dari dua varian yaitu timbel biasa dan timbel komplit. Nasi timbel ini adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, yang membedakan antara biasa dan komplit hanyalah lauk pauknya.

Tempat yang sangat direkomendasikan sebagai kunjungan keluarga atau dikunjungi secara beramai-ramai ini, kiranya akan memberikan kesan kehangatan dan kekeluargaan jika memesan menu Nasi Liwet Komplit. Nasi liwet bagi orang Sunda dikenal sebagai nasi pergaulan yang memang selalu disajikan saat makan bersama dalam suatu acara. Uniknya, masyarakat Sunda mengenal bahwa Nasi Liwet adalah nasi yang harus dihabiskan saat itu juga dan di saat panas. Hal itu memang sangat beralasan, mengingat citarasanya akan hilang saat disantap dingin atau disisakan.

Selain dua nasi yang terkenal tersebut, masih ada juga beragam olahan Gurame seperti Sop Gurame, Gurame Goreng Kremes atau Gurame Bakar Cobek. Gurame memang terkenal sebagai ikan menak di tatar Sunda. Hal ini berkaitan dengan sejarah pembibitan dan pembesaran Gurame di Indonesia. Berdasarkan informasi, pembibitan dan pembesaran atau budidaya Gurame partamakali di Indonesia dilakukan di daerah Ciamis Jawa Barat. sejarah inilah yang kemudian membekas di rumah makan Khas Sunda dengan sajian Guramenya yang melegenda.

Bukan hanya itu, ikan ini memang terkenalmemiliki umur perawatan yang sangat panjang sebelum bisa dipanen. Hal itu juga yang menyebabkan harga ikan Gurame di pasaran sangat mahal.

Tertarik untuk menikmati menu khas Sunda di Rumah Makan Natural Bandung ini? Langsung saja merapat ke jalan Tangkuban Parahu, Lembang, Jawa Barat, indonesia.

Leave a Reply