Menggugah Kenangan di Rumah Makan Jadul Bandung

Rumah Makan Jadul Bandung

Rumah Makan Jadul Bandung | Foto : bandung.bisnis.com

Rumah makan Jadul Bandung atau jaman dulu, sebenarnya bisa ditemui di banyak tempat. Rumah makan seperti ini pada dasarnya bisa dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria. seperti apa kriteria yang dimaksud, berikut adalah ulasannya.

Menggugah Kenangan di Rumah Makan Jadul Bandung

Umur Rumah Makan

Umur, kiranya merupakan patokan yang tepat untuk menentukan jadul atau tidaknya. Berdasarkan kategori ini, kita bisa menemukan beberapa tempat di bandung yang memiliki umur tua. Kategori ini, tentunya tidak hanya bergantung pada tempat makan tetapi menyangkut juga pada lokasi.

Beberapa rumah makan yang masuk dalam kategori ini adalah, Rumah Makan atau Warung Nasi Cikawao yang sudah berdiri dari tahun 50’ an. Gudeg Kabita dan Rumah Makan Aning yang sudah ada sejak tahun 70’an, kawasan Jalan Sudirman dan Cibadak sebagai Kawasan Pecinan yang terkenal dengan rumah makan Cinanya dan masih banyak lagi.

Sajian Menu

Berdasarkan menu yang disajikan, rumah makan jadul mungkin tidak terlalu mementingkan sentuhan modern dalam tampilannya. Bisa juga kategori rumah makan seperti ini memang menyajikan menu-menu tempo dulu. Beberapa rumah makan yang masih mempertahankan menu tempo dulu di Bandung tanpa sedikit pun mengubah rasa dan penampilan sajiannya adalah Rumah Makan Cikawao dan Warung Nasi Bancakan Bandung.

Saat mengunjungi rumah makan jadul Bandung di atas, beberapa orang mungkin akan langsung teringat pada masa-masa kecilnya. Ingatan tersebut mungkin saja bisa tergambar lewat penataan ruangan, penggunaan peralatan masak atau melalui menu yang tersaji. Semisal makan dengan piring seng yang bisa didapat di rumah makan Bancakan atau saat makan ulukutek leunca dan semur jengkol yang ada di rumah makan Cikawao Bandung. Lewat dua hal tersebut, seseorang mungkin akan langsung teringat dan bercerita tentang masa lalunya.

Di samping dua hal tersebut, kenangan masa lalu mungkin saja tergugah karena pengunjung memiliki rekam jejak sejarah terhadap rumah makan tersebut. Dalam hal ini, kenangan yang tergugah mungkin akan pas jika dikaitkan dengan rumah makan jadul Bandung berdasarkan kategori umur.

Jika ingin menikmati makan sambil mengingat kenangan masa lalu, kiranya bisa mengunjungi tempat-tempat di atas. Meski di Bandung masih banyak tempat lain yang memang lebih bersejarah semisal BMC atau Bandoengsche Melk Centrale. Berdasarkan catatan sejarah, Bandoengsche Melk Centrale ini sudah berdiri sejak masa kolonial Belanda dulu. Karenanya wajar jika resto dan cafe ini kemudian dianggap sebagai tempat makan yang paling legendaris di Kota Bandung.

Leave a Reply