Empal Gepuk Yang Empuk di Rumah Makan Ibu Bandung

Rumah Makan Ibu Bandung

Rumah Makan Ibu Bandung | Foto : gepuksetialuyu.wordpress.com

Rumah makan Ibu Bandung adalah rumah makan khas Sunda yang menggunakan nama kota Bandung sebagai daerah asal pemilik. Rumah makan ini memang terkenal dengan citarasa Sundanya yang khas. Tak perlu dibayangkan bagaimana menu khas Sunda yang ada di tempat ini, sebab tempat ini memang menyajikan beragam menu Sunda yang umumnya sama dengan restoran Sunda lainnya.

Beberapa menu yang terkenal seperti paru ayam, babat sapi, ayam goreng, empal, oncom, ikan bumbu kuning, sayur soun, tahu, tempe yang kesannya memang sederhana disajikan dengan citarasa yang menggoda lidah. citarasa yang tentunya lebih enak jika dicocol dengan sambal uleknya. Siapa pun tahu, menu masakan Sunda memang tak lepas dari sambal ulek yang pedas namun sedikit manis. Campuran antara pedas dan manis itulah yang memberikan sensasi berbeda dengan sambal lainnya.

Empal Gepuk Yang Empuk di Rumah Makan Ibu Bandung

Empal Gepuk

Salah satu menu andalan yang ada di tempat ini adalah empal yang diolah menjadi gepuk. Gepuk sendiri biasanya merupakan makanan olahan daging sapi dengan bumbu yang meresap dan daging yang empuk. Namun di Rumah Makan Ibu Bandung, gepuk terbuat dari empal yang biasanya hanya digoreng atau disemur.

Seperti halnya gepuk, empal gepuk pun memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah untuk dipotong dan dikunyah. Begitu pun dengan bumbunya yang meresap dengan citarasanya yang pas dan tidak terlalu berat. Kiranya wajar jika empal di tempat ini kemudian menjadi menu yang paling banyak dicari pleh pelanggan.

Menikmati empal dengan nasi putih dan menu sederhana lain semisal tempe dan tahu goreng, kiranya akan lebih nikmat dengan cocolan sambal terasi. Sambal terasi di tempat ini memang memiliki rasa yang hot atau pedas dan panas. Rasa seperti ini memang sangat mampu membuat mulut terus menerus mendesis. Akibatnya, tangan seolah tak ingin lagi berlama-lama untuk menyuapi nasi ke dalam mulut. Sensasi yang memang membuat porsi makan menjadi tambah banyak namun terasa sangat cepat.

Lokasi

Rumah makan Ibu Bandung sebenarnya bisa ditemui di beberapa tempat terutama di wilayah Jakarta. Namun sayang, makanan Sunda khas Bandung ini, sama sekali tak bisa ditemui di daerah Bandung. Beberapa alamat di Jakarta yang bisa dituju untuk menikmati sajian masakan Sunda yang khas adalah:

  • Jalan Raya Cipinang Jaya N0. 18, Jakarta, Indonesia
  • Jalan Pahlawan Kalibata (Percis di depan taman makam pahlawan Kalibata), jakarta Selatan, Indonesia.

Leave a Reply