Aneka Olahan Gurame di Rumah Makan Gurame Bandung

2 Likes Comment
Rumah Makan Gurame Bandung

Rumah Makan Gurame Bandung, bukanlah nama tempat makan yang ada di Bandung. namun lebih pada sebutan yang merujuk pada beberapa tempat makan yang menyajikan gurame sebagai salah satu menu andalannya.

Di Bandung sendiri, gurame biasanya disajikan oleh tempat makan atau restoran-restoran Sunda. Hal itu wajar, mengingat gurame pada dasarnya adalah ikan konsumsi yang pertama kali dibudidayakan di Ciamis Jawa Barat. Karenanya, wajar juga jika gurame kemudian lekat dengan menu khas Sunda. Agar tak berlarut-larut, berikut adalah pembahasan tentang rumah makan gurame Bandung.

Aneka Olahan Gurame di Rumah Makan Gurame Bandung

Rumah Makan Raja Sunda

Rumah makan khas Sunda ini, menyajikan beberapa olahan gurame yang unik. Beberapa olahan gurame yang terkenal di tempat ini adalah Gurame Kuah Tasik, Gurame Asam Manis Raja Sunda dan Gurame Terbang.

Dari sekian banyak olahan gurame di atas, gureme terbang adalah menu favorit baik bagi restoran mau pun bagi pengunjung. Keunikan dari menu gurame ini adalah cara pengolahan dan penyajiannya. Daging gurame diiris dari belakang (bagian ekor) hingga ke bagian sirip di kedua sisinya. Irisan tersebut direntangkan lalu digoreng dalam minyak yang telah mendidih. Hasilnya adalah daging gurame tersebut terlihat seolah-olah seperti sayap burung.

Bukan hanya penyajiannya yang unik, namun cara pengolahan seperti ini, membuat daging gurame menjadiempuk dan kriuk, kering hingga ke tulangnya.

Rumah Makan Cibiuk

Olahan gurame yang terkenal di rumah makan gurame Bandung ini adalah Gurame Bakar Cobek Hot Plate. Yang unik dari menu ini, bukanlah pengolahannya dengan cara dibakar atau penyajiannya di atas hot plate. Keunikannya justru pada pengolahannya yang diforeng dulu sebelum dibakar. Pengolahan seperti ini, membuat daging gurame menjadi kering secara sempurna.

Bahkan bisa dikatakan, hampir semua bagian dari gurame bakar ini bisa disantap, mulai dari ekor hingga ke kepala. Nilai tambah lainnya, dengan penggorengan tak sedikit pun dirasakan bau amis seperti pada ikan bakar lain pada umumnya.

Menu gurame bakar hot plate ini adalah menu yang sangat direkomendasikan untuk dijajal. Sebab, selain ukurannya yang besar, menu spesial ini relatif murah sebab dipatok dengan harga di bawah Rp. 50.000.

Selain dua tempat di atas, masih banyak lagi tempat lain yang bisa di tuju di Bandung untuk menikmati seperti apa olahan Gurame sebagai ikan darat yang terkenal itu. Rumah makan gurame Bandung yang menyajikan olahan ikan tersebut di antaranya adalah Raja Sunda, Bale Gazeboo dan seterusnya.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *