Menyantap Hidangan Sunda Sederhana Rumah Makan Cijantung Bandung

Rumah Makan Cijantung Bandung
Rumah Makan Cijantung Bandung | Foto : hungry-doctor.blogspot.com

Rumah Makan Cijantung Bandung, terkenal juga dengan sebutan Rumah Makan Ciganea. Rumah makan yang tersebar di beberapa tempat di Kota Bandung ini, sebenarnya merupakan cabang dari Rumah Makan Hj. Ciganea di Purwakarta. Dengan demikian, bisa juga dikatakan bahwa Rumah Makan Sunda ini menampilkan menu-menu khas Purwakarta.

Menu Purwakarta, memang tak jauh berbeda dengan menu Sunda pada umumnya. Berisi goreng-gorengan mulai dari ikan, udang hingga ayam; pepes-pepesan yang berisi tahu, ikan, ayam, jamur dan sebagainya. Namun, jangan lupa juga dengan menu paling khas yang harus dicicipi sebagai bagian utama dari menu khas sunda, yaitu lalap dan sambal.

Menyantap Hidangan Sunda Sederhana Rumah Makan Cijantung Bandung

Mereka yang pernah merasakan citarasa yang disajikan di Rumah Makan Cijantung Bandung ini, mungkin sedikit terkejut dengan citarasa sambal dadakannya yang khas. Sambal di sini, terutama sambal merah memang terlihat menantang dengan porsi yang cukup banyak. dari warna dan baunya sudah terbayang bagaimana seensasi pedas tersebut akan membakar lidah. Bayangan seperti itu, tidak sepenuhnya benar, sebab sambal di sini memiliki citarasa  yang sedikit manis.

Rasa sambal yang demikian, akan mengundang tangan untuk terus menyomot lalapan dan lauk pauk sebelum mencocolkannya ke dalam cobek. Lalu, menumpuknya bersama sejumput nasi sebelum akhirnya masuk ke mulut, sesuap demi sesuap. Entah, bagaimana menuangkan sensasi makan seperti ini. Yang jelas, pengunjung akan merasa menu yang dipesannya selalu kurang, sebab apa yang tersaji di atas piring tanpa sadar habis seketika.

Untuk sambal dan lalap, di tempat ini tak diberikan secara gratis, namun masuk dalam daftar menu yang bisa didapat dengan harga cukup murah, yaitu Rp. 3.000. Untuk menambah sensasi dan kenikmatan saat menyantap makanan dengan sambal, saran terbaik pilihlah menu-menu kering seperti ikan goreng, tahu goreng, ayam goreng dan seterusnya. Pemilihan menu seperti ini, tidak selalu berkaitan dengan harganya yang murah. Namun lebih berkaitan pada cara menikmati makan dengan sambal dan tanpa sendok. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika memilih menu berkuah atau bersaus. Sebab, saus atau kuah bisa membuat nasi menjadi tidak lengket. Hal tersebut akan menyulitkan untuk menyomot nasi dan menyuapnya.

Tertarik untuk makan di Rumah Makan Cijantung Bandung? silahkan kunjungi lokasi berikut:

  • Jalan Merak No. 11, Bandung, Jawa Barat
  • Paskal Hypersquare, Bandung, jawa Barat, indonesia
  • Jl. Kemuning no. 15, Bandung. Jawa Barat, indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *