Sajian Nusantara di Rumah Makan Belacan Bandung

Rumah Makan Belacan Bandung

Rumah Makan Belacan Bandung | Foto : www.tripadvisor.com

Rumah makan Belacan Bandung atau yang bernama Kedai Belacan, bisa dikatakan sebagai tempat makan baru di Kota Bandung. Tempat makan yang berdiri pada tanggal 7 Juli 2012,  namanya memang terdengar aneh. Sebagaimana diketahui, bahwa belacan yang tak lain dari terasi adalah bumbu masak yang seringkali diberi predikat miring karena kesan baunya. Namun, kesan bau yang melekat pada nama tersebut, justru tercium sebagai aroma wangi bagi para wisatawan, terutama wisatawan asing dari Malaysia dan Singapura.

Satu hal unik dan mungkin terasa janggal dari Rumah makan Belacan Bandung yang bisa langsung ditemui adalah, gambar cabai merah yang dijadikan pengganti huruf L dari nama Belacan. Disebut unik dan cenderung janggal, mungkin karena belacan yang berarti terasi seharusnya dilambangkan dengan udang atau rebon bahan dasarnya. Namun demikian, pemilihan cabai tentunya telah melalui pemikiran yang panjang yang tak tak bisa lepas dari unsur filosofisnya.

Sajian Nusantara di Rumah Makan Belacan Bandung

Menu

Menu yang disajikan di tempat ini adalah variasi dari beragam menu nusantara yang citarasanya sudah tak asing lagi bagi lidah melayu. Penggunaan belacan atau terasi sendiri ternyata menjadi konsep dan inspirasi bagi menu-menu yang disajikan di sini. Semua menu makanan, bisa dikatakan tak bisa lepas dari penggunaan belacan sebagai bumbu. Rasa dan aromanya yang unik dan kerap mendominasi, membuat setiap menu yang tersaji memiliki keunikan tersendiri.

Meski menu masakan di rumah makan Belacan Bandung ini merupakan variasi masakan nusantara, namun tak jarang juga yang mengatakan jika tempat ini menyajikan masakan khas sunda. Hal itu mungkin berkaitan dengan kesan yang tertangkap lewat dekorasi ruangan yang memadukan antara Jawa, Bali dan Sunda sekaligus.

Beberapa menu yang diunggulkan dan sering dipesan di tempat ini antara lain:

  1. Cumi Belacan
  2. Ikan Patin Bakar Bambu
  3. Sup Gurame Asam Pedas
  4. Sup Nila Asam Pedas
  5. Ayam Kampung Belacan
  6. Ayam Kampung Bakar Bambu
  7. Udang Belacan
  8. Sup Sunda
  9. Telur dadar
  10. Dan beragam menu unik lainnya semisal buncis yang dibumbui cabai merah.

Sebagai tambahan, di waktu-waktu tertentu Kedai Belacan memberikan promosi bagi pengunjung berupa potongan harga atau diskon. Promosi tersebut, biasanya diberlakukan untuk beberapa menu.

Lokasi

Untuk menikmati seperti apa sensasi makan di rumah makan Belacan Bandung, bisa langsung mengunjungi alamat Jl. Halmahera No. 4, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Leave a Reply