Kesan Tradisional di Rumah Makan Balibu Bandung

Rumah Makan Balibu Bandung

Rumah Makan Balibu Bandung | Foto : minibosstravel.wordpress.com

Mendengar nama Rumah Makan Balibu Bandung, kesan yang ditangkap secara fonologi mungkin akan mengarah pada Pantai Malibu di California. Lewat pengalihan kesan tersebut, mereka yang belum mengenal tempat ini sangat mungkin untuk menganggap rumah makan ini menyajikan menu Barat (Western). Namun, kesan tersebut akan punah seketika saat melihat bentuk bangunan dan ornamennya yang mayoritas terbuat dari kayu dan bambu.

Kesan Tradisional di Rumah Makan Balibu Bandung

Nama Balibu

Penamaan Rumah Makan Balibu Bandung sebenarnya berasal penyingkatan “Bawah Lima Bulan”. Nama dan penyingkatan tersebut, kenyataannya merujuk pada beragam menu yang disajikannya. Semisal beragam sayuran atau lalapan yang memang dipanen di bawah lima bulan. Namun satu hal yang menjadi andalan di rumah makan ini adalah menu sate muda. Sate yang diperoleh dari olahan daging kambing muda ini memang diambil dari kambing yang berumur di bawah lima bulan. Pada umur seperti itu, tekstur daging akan terasa lebih empuk, manis dan lebih nikmat. Untuk menjaga kepercayaan terhadap kualitas daging terutama umur kambing yang dipotong, tempat ini mengambil kambing dari peternakannya sendiri.

Lokasi

Berada di dataran tinggi Lembang, rumah makan khas Sunda ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri terutama dalam panorama alamnya. Siapa pun tahu, bahwa Lembang memang memiliki panorama alam yang indah dengan suhu udara yang sejuk dan cenderung dingin.

Keindahan dan kenyamanan Rumah Makan Balibu Bandung ini, didukung juga oleh aksesibilitasnya yang tak jauh dari tempat wisata lainnya semisal Gunung Tangkuban Parahu, Curug Maribaya dan seterusnya. Untuk menuju atau mendapatkan informasi dari tempat yang setiap harinya buka dari pukul 10.00-22.00 ini, bisa mengakses alamat berikut:

Jl. Tangkuban Parahu No 423A,
Lembang, Jawa Barat, Indonesia
Tlp (022) 278 95 82
Fax (022) 278 49 00
E. Mail: [email protected] / [email protected]

Menu

Seperti halnya rumah makan khas Sunda lainnya, di tempat ini menyajikan beragam menu masakan Sunda yang diolah secara modern. Namun kemodernan tersebut, tentunya sama sekali mengurangi kesan tradisionalnya.

Beberapa menu selain sayuran atau lalapan dan sate kambing di atas, Rumah Makan Balibu pun menyajikan juga menu sop buntut sapi, aneka pepes, nasi tutug oncom, beragam oseng-osengan, nasi timbel komplit hingga ikan gurame cobek. Tertarik untuk menikmati seperti apa menu sunda dalam balutan suasana alam yang asri? Mari berkunjung ke Bandung dan nikmati makanan di Rumah Makan Balibu Bandung.

Leave a Reply