Rumah Makan Apung Bandung Ada di Lembang

Rumah Makan Apung Bandung

Rumah Makan Apung Bandung | Foto : anekatempatwisata.com

Mau makan di Rumah Makan Apung Bandung? Jika dulu, kita mungkin akan pergi dulu ke wilayah Purwakarta, tepatnya ke bendungan Saguling. Sebab di atas bendungan inilah rumah makan berdiri. Namun jarak Bandung-Purwakarta tentulah menjadi jarak yang cukup jauh untuk ditempuh. Dengan jarak ini, rasa lelah mungkin akan lebih terasa ketimbang kesan di tempat wisata.

Saat ini, tak perlu jauh-jauh menuju Saguling, sebab di Bandung sendiri, tepatnya di Lembang, kita bisa makan di rumah makan apung Bandung. Bagi mereka yang  telah mengenal Situ Umar, mungkin sangat mudah untuk mencapai ke lokasi ini. Namun, jangan heran jika Situ Umar yang dulu terkenal sebagai tempat memancing, kini berubah menjadi tempat yang memberikan kesan lain.

Rumah Makan Apung Bandung Ada di Lembang

Floating Market Lembang, begitulah sebutan baru untuk Situ Umar. Di tempat ini ada beberapa perahu yang mnjajakan kuliner beraneka ragam. Di satu sisi, ada area jajanan dan tempat makan. Ada juga rumah makan apung yang memang bisa dijadikan tempat makan dengan sensasi bergoyang. Tak ubahnya seperti makan di atas perahu. Di sudut lain, ada juga tempat makan yang bisa disewa dengan harga 50.000 hingga 100.000 per 2 jam. Harga yang berlaku tersebut disesuaikan dengan besar kecilnya tempat.

Perihal menu makan tentu saja beragam, mulai dari baso hingga menu masakan sunda. Namun satu hal yang patut dicoba adalah “ulukutek leunca”, semacam sambal yang ditambahi leunca. Entah bagaimana cara memaparkan leunca ini, yang jelas datang saja ke tempat ini untuk mengetahui seperti apa ulukutek lenca yang dimaksud.

Makan Tak Pakai Uang

Satu hal yang unik di rumah makan apung Bandung, pengunjung tak memakai uang saat makan di tempat ini. Namun, jangan salah! Tak memakai bukan berarti tak membayar. Karena satu-satunya alat transaksi di tempat ini adalah koin, maka makan dan belanja di tempat ini menggunakan koin.

Pengunjung bisa menukarkan uang di tempat penukaran koin. Ada empat nilai koin yang ditentukan oleh warnanya yaitu 5.000 dengan warna kuning, 10.000 dengan warna biru, 50.000 dengan warna ungu dan 100.000 dengan warna orange.

Satu hal yang penting adalah, koin ini adalah mata uang yang hanya berlaku di dalam rumah makan apung Bandung ini dan tak bisa ditukarkan kembali. Artinya, bijaklah menukarkan uang dengan koin. Lebih baik menukar seperlunya, jika memang kurang bisa menukarkan kembali.

Leave a Reply