Review Tempat Makan Bandung: Rumah Makan Sari Sunda

Review Tempat Makan Bandung

Review Tempat Makan Bandung | Foto : rumahmakansarisunda.blogspot.com

Review tempat makan Bandung kali ini akan mengupas tentang Rumah Makan Sari Sunda yang berdiri sejak tahun 1992 di Bandung. Dari namanya saja, bisa dipastikan jika rumah makan ini mengangkat Budaya Sunda sebagai tema usahanya. Nyatanya budaya Sunda tidak hanya dihadirkan dalam menu-menu masakan sunda saja, tetapi juga pada desain dan pelayanannya. Sehingga kesan tentang Sunda akan terasa bergitu kental saat mengunjungi tempat ini.

Review Tempat Makan Bandung: Rumah Makan Sari Sunda

Informasi Umum

Di Bandung, setidaknya ada tiga tempat yang bisa dituju untuk menikmati kuliner di Rumah Makan Sari Sunda. Alamat tersebut antara lain:
1.    Jalan Soekarno Hatta No. 479 B dengan telpon (022) 730 06 96
2.    Jalan Dr. Setiabudhi No. 86-88, Tlp. (022) 203 42 63
3.    Jalan Lengkong Besar No. 69, Tlp. (022) 423 81 25

Dari Informasi di atas Review tempat makan Bandung berikut akan mengulas tentang Rumah Makan Sari Sunda di Jalan Setia Budi, Bandung.

Bangunan

Berada tepat di samping  Jalan Setiabudhi, sebuah bangunan beratapkan sunda terlihat begitu mencolok jika dibandingkan dengan bangunan lain di sekitarnya. “Wilujeng Sumping”, begitulah tulisan singkat yang didapat saat melihat pelataran bangunan ini. Kata-kata yang bermakna ucapan “Selamat Datang” dalam bahasa Sunda itu, bukanlah papan nama, baligo atau spanduk yang kerap mengurangi estetika. Kata-kata tersebut, justru dibuat dari tanaman hias yang mengapit undakkan tangga di bangunan utama.kata-kata yang bukan hanya ditujukan sebagai ucapan tetapi mampu menambah nilai estetika dengan kesan rapi, asri dan bersih.

Menaiki tangga, kita akan disuguhi dengan ruangan luas yang diisi oleh meja dan kursi yang tersusun rapi. Ruangan ini termasuk dalam ruangan utama yang memiliki kesan resmi. Di sisi lain, di sayap kiri bangunan, ada semacam pendopo yang juga merupakan area makan. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana lesehan dan mampu menampung hingga puluhan orang sekaligus.

Menu

Sebagaimana rumah makan Sunda lainnya, tempat ini memiliki beragam variasi menu Sunda yang bisa dipesan. Mulai dari nasi timbel, ayam bakar atau goreng, beragam olahan ikan, tempe, tahu, sambal dan sebagainya. beragam menu yang kiranya tak akan lepas dari sajian sambal dan lalapan.

Satu menu yang wajib dicoba di rumah makan ini adalah gurame goreng. Gurame ukuran besar ini diolah dan disajikan dengan cara unik. Pemesan mungkin akan melihat gurame ini seperti bersayap. Hal itu terjadi karena saat pengolahannya daging gurame diiris dari bagian buntut ke arah kepala, namun tak sampai terputus. Cara seperti ini, tentu akan membuat daging masak secara merata dan memiliki tekstur yang sangat renyah. Karena ukurannya besar, gurame goreng ini akan sangat nikmat saat disantap secara bersama-sama.

Itulah sekilas tentang review tempat makan Bandung yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply