Oleh-Oleh Khas Kabupaten Bandung – Opak dan Kolontong

Oleh-Oleh Khas Kabupaten Bandung

Oleh-Oleh Khas Kabupaten Bandung | Foto : opakipis-maanah.blogspot.com

Tahukah Anda apa oleh-oleh khas Kabupaten Bandung? Bagi sebagian pengunjung yang pernah mengunjungi Bandung Selatan mungkin sudah tahu bahwa oleh-oleh khas dari Kabupaten Bandung ini adalah opak dan kolontong. Seperti apa opak dan kolontong ini? Mari simak informasinya berikut.

Oleh-Oleh Khas Kabupaten Bandung – Opak dan Kolontong

Tentang Opak dan Kolontong

Opak dan Kolontong merupakan makanan ringan khas kabupaten Bandung. Teksturnya hampir mirip dengan kerupuk. Opak memiliki rasa asin sedangkan kolontong manis. Opak berbentuk bulat dan pipih sedangkan kolontong berbentuk mirip silinder.  Opak dan Kolontong ini terbuat dari beras ketan. Prosesnya cukup rumit. Beras ketan akan direndam selama sehari semalam. Kemudian ditanak hingga matang. Setelah itu, beras ketan akan dihaluskan dengan cara ditumbuk kemudian dicetak. Setelah dicetak, opak dan kolontong ini akan dijemur selama satu hari, baru kemudian disangrai yaitu dimasak dengan menggunakan pasir.

Opak dan kolontong ini teksturnya renyah dengan ada bolong di dalamnya, terutama kolontong. Bagian dalam kolontong ini berongga tapi tiak mudah rapuh apalagi hancur. Oleh-oleh khas Kabupaten ini sangat enak jika dinikmati bersama teh manis. Karena bahannya berasal dari beras ketan yang mengandung karbohidrat, makan makanan ringan ini ternyata bisa membuat perut sedikit terganjal. Berbeda dengan kolontong, opak tidak terlalu berongga. Ini seperti keripik dan lebih keras dari kolontong. Jika kita makan opak ini, kadang bibir akan menempel pada opaknya.

Oleh-oleh khas kabupaten Bandung ini meskipun sudah jarang ditemukan tapi hingga kini masih mampu bertahan ditengah-tengah gempuran makanan modern yang beragam. Opak dan kolontong ini semakin banyak diminati di hari-hari raya seperti idul fitri. Ada juga yang memesan opak dan kolontong ini untuk sajian hajatan pernikahan atau khitanan. Harga yang relative murah erta rasa yang khas membuat opak dan kolontong ini masih banyak diminati masyarakat.

Sentra Opak dan Kolontong

Lalu, dimana Anda bisa mendapatkan oleh-oleh opak dan kolontong ini? Opak dan kolontong ini bisa Anda dapatkan di berbagai toko oleh-oleh khas Bandung seperti Pasar Baru, Terminal Leuwi Panjang, dan sebagainya. Tapi, jika Anda ingin mengunjungi sentranya, Anda bisa mengunjungi kampung Sukamanah desa Bojong Kunci Kec. Pameungpeuk, Kab. Bandung. Kawasan ini bsia ditempuh dengan dua jalur yaitu jalur jalan Soreang dan Banjaran.

Itulah sekilas informasi tentang opak dan kolontong oleh-oleh khas kabupaten Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply