Melihat Bintang di Observatorium Bosscha Bandung

Observatorium Bosscha Bandung

Observatorium Bosscha Bandung : Foto : nopanngluyur.wordpress.com

Pernahkah Anda berkunjung ke observatorium Bosscha Bandung? Jika belum, Anda harus menyempatkan waktu untuk mengunjunginya ketika sedang berkunjung ke Bandung. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Bandung. Anda bisa melihat benda-benda langit dan bintang-bintang yang sangat cantik di observatorium ini. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sudah berwisata di sini yang merekomendasikan pengunjung lain untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Sekilas tentang Boscha

Observatorium Bosscha Bandung dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) tahuha n 1928. Nama Bosscha sendiri diambil dari nama seorang tuan tanah Belanda yang menyumbangkan dananya untuk membangun Bosscha yaitu Karel Albert Rudolf Bosscha. Hingga kini Bosscha menjadi pusat penelitian astronomi yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, Bosscha pun menjadi tempat wisata edukasi dan benda cagar budaya. Bahkan Bosscha pernah dijadikan sebagai tempat syuting sebuah film yang berjudul “Petualangan Sherina”.

Ada Apa Saja di Bosscha?

Di observatorium Bosscha Bandung ini ada berbagai macam teleskop seperti teleskop Zeiss yang dapat digunakan untuk mengamati Mars, Jupiter, Saturnus, dan kawah bulan. Ada teleskop Schdmit Bima Sakti yang dapat digunakan untuk mempelajari struktur galaksi. Ada teleskop Rafraktor Bamberg yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran terang bintang. Teleskop Refraktor Unitron utuk memotret bintik matahari,d an teleskop Cassegrain Goto yang dapat dilakukan untuk mengamati spektum bintang. Teleskop dengan ukuran raksasa ini bisa Anda amari dari dekta dan coba. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi pemandu lengkap tentang benda-benda langit.

Berkunjung ke Bosscha

Kunjungan ke Bosscha ini dibagi menjadi dua yaitu siang dan malam. Kunjungan siang dibuka pada jam 09.00 hingga 13.00 WIB dan kunjungan malam dibuka jam 17.00 hingga 20.00. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, Anda bisa langsung mendaftar di tempat atau di website resminya. Untuk tiket sendiri, harganyacukup murah yaitu Rp. 7500 untuk kunjungan siang dan untuk kunjungan malan sebesar Rp. 10.000. Pada hari Minggu, Senin, dan hari libur, observatorium Bosscha ini tidak melayani kunjungan karena harus dilakukan perawatan.

Itulah sekiranya informasi tentang observatorium Bosscha Bandung. Semoga infromasi ini bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply