4 Jenis Makanan Khas Bandung Bercita Rasa Manis

Makanan Khas Bandung Bercita Rasa Manis

Makanan Khas Bandung Bercita Rasa Manis | Foto : www.aii-ness.com

Anda tahu apa saja makanan khas Bandung bercita rasa manis? Jika belum, Anda wajib membaca artikel ini karena akan membahas seputar makanan manis khas Bandung. Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak informasinya berikut.

4 Jenis Makanan Khas Bandung Bercita Rasa Manis

1. Serabi

Serabi atau surabi adalah jenis makanan khas Bandung yang bebentuk bulat seperti pancake. Serabi ini terbuat dari tepung beras. Jika dulu serabi ini hanya memiliki 2 varian rasa yaitu manis dengan diberi gula cair dan santan dan satu lagi varian yang diberi tabura oncom, kini varian rasanya lebih banyak yaitu susu coklat, susu pisang, pisang keju, keju susu, strawberry susu, pandan, dan masih banyak lagi.

2. Misro

Makanan khas Bandung bercita rasa manis selanjutnya adalah Misro. Pernahkah Anda menengarnya? Misro ini singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat gula merah. Misro ini terbuat dari parutan singkong dan bentuknya bulat hampir sama dengan comro. Bisa dikatakan misro ini adalah comro versi manisnya.

3. Peuyeum

Peuyeum adalah salah satu makanan khas Bandung bercita rasa manis. Peuyeum ini ada yang terbuat dari singkong, ada juga yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih. Peuyeum atau tape ini dibuat dengan cara difermentasi. Singkong atau beras ketan yang sudah dimasak (dikukus) akan diberi sedikit ragi dan ditutup rapat agar proses fermenatsi bisa sempurna. Proses inilah yang membuat kandungan glukosa dalam singkong dan beras ketan menjadi keluar dan memberikan rasa yang khas pada tape.

Tape singkong biasanya dijual secara berkeliling dan dikilo. Untuk satu kilogramnya tape ini dihargai sekitar Rp. 2000 hingga Rp. 3000. Sangat murah bukan? Tape-tape yang dijual di toko-toko dan ummnya digantung biasanya akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

4.Colenak

Makanan khas Bandung bercita rasa manis selanjutnya adalah Colenak. Colenak ini adalah makanan yang terbuat dari tape singkong yang dibakar kemudian diberi toping dari parutan kelapa dan gula merah, orang Sunda biasanya menyebutnya Enten. Colenak ini biasanya akan terlihat gosong. Tapi jangan khawatir karena rasanya tidak pahit, bahkan bagi sebagian orang bagian yang gosong ini adalah bagian terenak. Meski sudah jarang ditemui, tapi colenak ini masih banyak dijual di daerah-daerah kecil atau di tempat-tempat pariwisata.

Demikianlah informasi tentang makanan khas Bandung bercita rasa manis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply