Menikmati Kue Serabi Bandung – Makanan Khas Bandung paling Populer

Surabi

Surabi | Foto : id.indonesia.travel

Jika Anda pernah berkunjung ke Bandung, tentu tahu kue Serabi Bandung atau yang sering disebut Surabi. Dalam artikel kali ini, penulis akan berbagi informasi tentang kue serabi di Bandung. Seperti apa informasnya? Mari simak informasinya berikut.

Menikmati Kue Serabi Bandung – Makanan Khas Bandung paling Populer

Kue Serabi

Kue Serabi merupakan salah satu kue tradisional khas Bandung. Kue serabi ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Adonan ini kemudian akan dimasak di atas mangkuk panas yang terbuat dari tanah liat dan tungkunya sendiri terbuat dari batu bata merah dan menggunakan arang sebagai bahan bakarnya.

Serabi ini awalnya hanya ada dua varian yaitu serabi manis dan serabi asin. Serabi manis merupakan serabi tawar yang diberi kuah gula merah dan santan yang disebut kinca. Sedangkan serabi asin akan diberi taburan oncom yang diberi bumbu dan rempah seperti bawang dan cabai. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan kreativitas pemuda Bandung, kini kue serabi sudah memiliki varian rasa lain seperti susu, keju, coklat, susu coklat, pisang keju, sosis, daging asap, duren, telur, dan sebagainya.

Penjual Serabi

Kue Serabi Bandung biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan dan di waktu subuh hingga pagi hari atau sore hari. Di daerah-daerah, penjual seperti ini masih bisa banyak ditemukan. Namun, di kota Bandung Anda bisa menemukan kue surabi di tempat makan atau restoran-restoran. Berikut ini beberapa tempat makan surabi yang populer dan sangat patur untuk direkomendasikan, antara lain:

  • Surabi Imut

Surabi Imut ini terletak di jalan Setiabudi No. 194, Bandung.  Posisinya sebelum UPI Bandung dan Unpas Setiabudi, jadi Anda tidak akan sulit untuk menemukannya. Di sini Anda bisa menikmati berbagai varian rasa Surabi. Keunikan dari surabi disini yaitu ukuran surabinya yang agak imut. Berbeda dengan surabi di tempat lain. Di sini juga ada menu makanan lain seperti donat, pempek, nasi goreng, steak, dan sebagainya.

  • Surabi Enhaai

Lokas Surabi Enhaai ini di Jl. Setiabudi No. 185, Bandung dan tidak jauh dari lokasi surabi Imut.  Di tempat kuliner ini Anda bisa menikmati berpuluh-puluh varian rasa surabi seperti susu coklat, susu keju, pisang coklat, pisang keju, sosis, telur, daging sapi, kornet, dan sebagainya.

Jadi, tempat makan surabi mana yang akan Anda pilih? Itulah informasi tentang kue serabi Bandung sebagai makanan khas Bandung yang paling populer. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Add Comment