Mencicipi Lezatnya Jajanan Khas Bandung Awug Beras

Awug

Awug | Foto : masak-apa-ya.blogspot.com

Pernahkah Anda menikmati jajanan khas Bandung Awug Beras? Makanan ini berbentuk kerucut dan berwarna belang putih coklat. Jika Anda pernah ke Bandung tentu pernah mencicipi atau setidaknya melihat makanan yang satu ini. Seperti apa awug beras khas Bandung ini? Mari simak informasinya berikut.

Mencicipi Lezatnya Jajanan Khas Bandung Awug Beras

Sekilas tentang Awug Beras

Jajanan khas Bandung awug beras terbuat dari tepung beras dan gula merah yang diberi parutan kelapa. Dengan komposisi yang sangat sederhana ini, cita rasa dari awug ini juga cukup sederhana, tapi mampu membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya. Rasa tepung beras yang tawar dicampur dengan gula merah yang manis dan taburan parutan kelapa yang gurih rasanya menyatu di lidah terasa lezat. Apalagi jika awug beras ini diberi daun pandan sehingga aroma daun pandan ini meresap hingga ke dalam awugnya.

Awug Beras Cibeunying

Awug beras ini biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan seperti di jalan Kopo Sayati, di jalan Margahayu, di jalan Soreang, dan sebagainya. tapi, jika Anda ingin lebih mudah mendapatkannya di pusat kota Bandung, Anda bisa menemukannya di jalan Cicadas atau jalan Ahmad Yani. Di sini terdapat sebuah kios awug beras yang diberi nama Awug Beras Cibeunying. Kios ini buka etiap hari mulai jam 10 pagi. Awug beras ini yang dijual di sini memiliki kelebihan tersendiri yaitu teksturnya yang empuk dan kenyal serta rasa manis yang pas dan tidak terlalu manis. Bahan yang digunakan pun merupakan bahan pilihan sehingga awug beras di sini tdak mudah basi.

Banyak pengunjung yang berburu jajanan khas Bandung awug beras ini sehingga setiap kali awug diangkat dari aseupan, pengunjung akan langsung menyerbunya sehingga lebih fresh. Awug yang baru diangkat ini akan langsung dipotong-potong sesui dengan permintaan dari pembeli. Selain itu, makanan awug ini memang lebih mantap jika dimakan dalam keadaan panas atau hangat dengan ditemani secangkir teh.

Harga untuk satu porsi awug beras ini yaitu sekitar Rp. 6.000. sedangkan untuk satu aseupan dihargai sekitar Rp. 125.000 yang kecil dan Rp. 175.000 untuk aseupan besar. Ukuran awug dalam aseupan besar ini bisa mencapai hingga 10 lapis dengan warna putih dan coklat berselang-seling.

Demikianlah informasi tentang jajanan khas Bandung awug beras. Tunggu apalagi? Ayo, coba penganan khas Bandung yang satu ini.

Leave a Reply