Cafe Bandung Keren Ini Mengajarkan Cara Menikmati Kopi Yang Benar

Cafe Bandung Keren

Cafe Bandung Keren | Foto : asmarie.blogdetik.com

Cafe Bandung keren memang banyak, namun bagaimana dengan cafe yang mengajarkan pengunjungnya secara gratis? Mungkin ada, namun tak banyak. Di Celebrity Coffee, pengunjung akan diajari bagaimana menikati kopi yang benar, sekaligus belajar tentang bagaimana cara membuat atau memproses kopi yang benar.

Cafe Bandung Keren Ini Mengajarkan Cara Menikmati Kopi Yang Benar

Setiap orang mungkin akan beranggapan bahwa kopi paling nikmat jika diminum secara perlahan dan sedikit demi sedikit, mulai dari keadaan panas hingga kopi tersebut dingin. Hal itu tak salah, namun sensasi kopi yang bisa dirasakannya hanya berhubungan dengan temperatur atau suhu kopi saat menyentuh bibir, lidah dan rongga mulut.

Di cafe Bandung keren ini, pengunjung akan diajarkan langsung oleh pemiliknya jika memang ada kesempatan, terlebih saat cafe ini sedang sepi pengunjung, biasanya saat weekday di malam hari. Apa yang diajarkan adalah hal sederhana yang berkaitan dengan urutan meminum lopi yang benar.

Urutan ini sebenarnya bergantung pada jenis dan sajian kopi apa yang akan dinimati. Jenis dan sajian kopi ini, tentunya sangat berkaitan dengan citarasa semisal jenis arabika akan berbeda dengan robusta. Atau, sajian ekspresso tentu saja memiliki citarasa yang berbeda dengan blended cofee. Berkaitan dengan citarasa tersebut, cara menikmati kopi sebenarnya berada pada sensasi rasa setelah meminumnya. Bahasa kerennya adalah after taste sensation.

Untuk ekspresso, kopi yang telah diminum sebaiknya tidak langsung ditelan. Tetapi dikumur dan disebarkan ke lesuruh rongga mulut dan gigi dengan menggunakan lidah. lakukan selama beberapa detik hingga ekspresso benar-benar meresap dan menempel, setelah itu barulah ditelan. Sensasi kopi akan dirasakan setelah beberapa detik kemudian. Inilah yang kemudian disebut sebagai after taste.

Satu hal yang paling penting dan jarang sekali diketahui terutama oleh orang awam adalah berkumur dengan air putih. Berkumur pada dasarnya adalah untuk menetralisir segala macam rasa yang pernah dicecap lidah atau masih tersisa di rongga mulut. Caranya hampir sama dengan cara di atas, namun seharusnya dilakukan sebelum menikmati kopi.

Cara berkumur dengan air putih, sebenarnya tidak hanya berlaku untuk ekspresso saja. tetapi untuk semua jenis olahan kopi. Rahasia menikmati kopi ini, memang merupakan rahasia paling sederhana yang biasanya hanya diketahui oleh barista. Namun, di tempat ini, segala macam rahasia bisa diungkap begitu saja, tanpa biaya tambahan. Semisal rahasia untuk membuat hiasan gambar di atas permukaan kopi dan cara membuat kopi yang benar. Atas pelajaran dan pengalaman sederhana ini, pantaslah kiranya jika Celebrity Coffee yang berada di Jalan Ir. H. Juanda (Dago) ini, dinobatkan sebagai cafe Bandung keren.

Leave a Reply