Beberapa Alasan Pentingnya Cafe 24 Jam di Bandung

Cafe 24 Jam di Bandung

Cafe 24 Jam di Bandung | Foto : www.ceritaperut.com

Di awal 2014 lalu, cafe 24 jam di Bandung sempat digegerkan oleh diberlakukannya jam malam bagi tempat-tempat hiburan. Pemerintah setempat berkilah bahwa pemberlakuan jam malam tersebut, hanyalah tindak penertiban pada tempat hiburan yang memanfaatkan jam malam atau yang beroperasi di luar izin yang diberikan. Di samping juga alasan lain yang menyangkut keamanan.

Di sisi lain, banyak yang menyebutkan bahwa pemberlakuan jam malam atau penertiban tersebut, dianggap ada kaitannya dengan peristiwa penyerangan anggota polisi di salah satu tempat hiburan malam. Apa pun itu, kiranya bukan masalah utama yang akan dibahas dalam uraian ini. Sebab, uraian ini lebih menitikberatkan pada beberapa alasan penting dari beroperasinya cafe 24 jam di Bandung.

Beberapa Alasan Pentingnya Cafe 24 Jam di Bandung

Tempat Berkumpulnya Komunitas

Sudah bukan rahasia lagi jika Bandung merupakan gudangnya komunitas. Bisa dikatakan bahwa setiap jenis komunitas bisa ditemukan di kota ini. Beberapa komunitas memang memiliki tempat atau base camp atau sekretariat untuk berkumpul, namun tak sedikit juga komunitas yang menggunakan jalanan sebagai tempat berkumpulnya. Namun demikian, keduanya tetap akan turun “ke jalanan” sebagai pembuktian dari eksistensinya. Bukan hanya itu, turun ke jalan pun merupakan cara untuk mengaktualisasikan diri terhadap lingkungan sekitarnya. Sebab, tak jarang ide-ide baru yang positif justru hadir lewat suasana yang baru.

Uniknya, sebagian besar komunitas justru memanfaatkan jam malam untuk menjaring ide-ide kreatif tersebut. sebagaimana diketahui, saat membicarakan ide lewat diskusi tak cukup hanya dengan satu atau dua jam, namun kerap berlarut. Di sinilah pentingnya keberadaan cafe 24 jam di Bandung, sebagai wadah untuk menampung ide-ide cerdas dan kreatif.

Di sisi lain seperti yang telah diulas di atas, cafe 24 jam memiliki peran yang tak kalah penting untuk mewadahi komunitas yang tak memiliki tempat berkumpul. Hal penting dalam tataran ini, cafe bisa dijadikan sebagai wadah untuk memantau dan menertibkan kegiatan komunitas seperti ini. Artinya, komunitas seperti ini tak lagi dianggap liar atau meresahkan, karena berada di jalanan.

Penunjang Wisata Malam

Sebagai kota Wisata, Bandung tak hanya menggantungkan diri pada keindahan alam, wisata belanja atau wisata kuliner yang hidup di siang hari. Keindahan Bandung, justru sangat bisa dinikmati saat malam hari, terutama di ketinggian. Atau bagi mereka yang menggemari fotografi, keindahan kota Bandung di malam hari justru menjadi objek yang dinanti-nanti. Kehadiran cafe 24 jam di Bandung tentunya memberi kontribusi tersendiri bagi keberlangsungan pariwisata Bandung. Sebab, cafe pada dasarnya merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan, atau pemenuhan energi tubuh.

Leave a Reply