Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Bandung

Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Berwisata Sambil Belajar Sejarah | Foto : teh-cici.blogspot.com

Dalam artikel kali ini penulis akan berbagi informasi tentang tempat berwisata sambil belajar Sejarah di Bandung. Di Bandung ada beberapa tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anak agar mereka bisa mengenal sejarah dengan baik sambil berwisata. Di mana saja tempat-tempat wisata ini? Mari simak informasinya berikut.

Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Bandung

Museum Sribaduga

Tempat berwisata sambil belajar Sejarah di Bandung yang pertama adalah museum Sribaduga. Museum ini berlokasi di jalan BKR no. 195. Museum ini didirikan tahun 1974 dan diresmikan tahun 1980 oleh Daoed Joesoef yang pada masa ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nama Sribaduga ini diambil dari sebuah gelar raja Pajajaran yang ada dalam Prasasti Batutulis. Penamaan ini ditetapkan tanggal 4 April 1990 oleh Kepmendikbud no. 02223/0/1990.

Di Museum Sribaduga ini Anda bisa melihat-lihat berbagai replika peninggalan sejarah masa purba. Di museum ini terdapat berbagai koleksi benda bersejarah seperti koleksi fosil bebatuan mineral, koleksi fosil-fosil makhluk hidup, koleksi produk-produk zaman purba, produk-produk pada masa peradaban kuno, naskah kuno, keramik kuno, dan sebagainya. Museum ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore dan pada hari libur buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 sore.

Museum Geologi

Tempat berwisata sambil belajar sejarah di Bandung yang selanjutnya adalah museum Geologi. Museum ini berada di jalan Diponegoro, di kawasan Gedung Sate. Aksesnya yang mudah dilalui dan berada di pusat kota Bandung membuat pengunjung tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Di museum ini banyak terdapat replika fosil-fosil hewan prasejarah seperti dinosaurus dan mammoth. Ada juga berbagai jenis batu-batuan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan film tentang kehidupan prasejarah, sehingga akan menambah ketertarikan anak-anak pada sejarah.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini berlokasi di jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini berada di kawasan alun-alun Bandung sehingga mudah untuk ditemukan. Di museum ini banyak dipamerkan berbagai dokumentasi yang berkaitan dengan Konferensi Asia Afrika. Selain dibuat dalam bentuk 3 dimensi, ada juga dokumentasi yang dihadirkan dengan menggunakan sarana multimedia.  Selain untuk berwisata sejarah, di depan museum ini sering digunakan untuk berforo-foto terutama foto prewedding.

Itulah beberapa tempat berwisata sambil belajar Sejarah di Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply