Inilah Alamat Kafe Nazi Bandung Yang Menggegerkan Dunia

Alamat Kafe Nazi Bandung

Kafe Nazi Bandung | Foto : suarakepri.com

Mau tahu alamat kafe Nazi Bandung yang menghebohkan itu? Alamat atau lokasinya berada di kompleks Paskal (Pasir Kaliki) Hipersquare, Jalan Pasir Kaliki Bandung. Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah, sebab berdekatan dengan Stasiun Bandung. Bahkan, jika melalui Stasiun Lama, jalan yang dilalui bisa langsung tembus ke Paskal Hipersquare.

Inilah Alamat Kafe Nazi Bandung Yang Menggegerkan Dunia

Apa Yang Heboh?

Soldatencafe atau yang lebih dikenal dengan nama kafe Nazi merupakan salah satu kafe ngehitz di Bandung. Dari namanya saja, secara langsung bisa diketahui apa yang membuat cafe ini heboh, bukan hanya di tingkat daerah, tetapi hingga ke ranah internasional. Lucunya, kehebohan tersebut mencuat setelah dua tahun kafe ini beroperasi. Di akhir 2013 lalu, pemerintah setempat dinyatakan mencabut izin cafe ini. Entah apa alasan tepatnya, yang jelas penutupannya terkait dengan atribut Nazi dan foto-foto Hitler sebagai tokoh utama Nazi.

Penggunaan atribut nazi yang terkenal hingga ke luar negeri tersebut, menurut kabar memicu protes dari kaum Yahudi yang berdasarkan catatan sejarah memang memiliki kenangan kelam. Sejarah memang mencatat bahwa di masa Nazi, Jerman, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap kaum Yahudi. Hal itulah yang kemudian dianggap mencederai kaum Yahudi Internasional.

Pemerintah sendiri, kemungkinan besar khawatir akan pengaruh laten dari pendirian dan alamat kafe Nazi Bandung ini. Terutama pengaruh ideologis Nazi dan Hitler. Kendati pemilik atau pengelolanya menolak keras, bahwa kafe yang dioperasikannya sama sekali tak memiliki tujuan ideologis semacam itu.

Di satu sisi, kekhawatiran semacam ini sangatlah wajar, mengingat dalam kenyataannya, simbol-simbol selalu memberi pengaruh lebih besar terhadap penyerapan dan penyebaran ideologi. Singkatnya, bukan tak mungkin jika warga kemudian lebih akan tertarik pada ideologi yang dianggap menyesatkan tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan, legalisasi kafe tersebut bisa dijadikan tempat bernaung atau berkumpulnya kaum-kaum berideologi kiri dan keras.

Namun demikian, penutupan kafe tersebut ternyata menghasilkan juga tanggapan lain. Terutama jika dikaitkan pada masalah demokrasi termasuk di dalamnya hak masyarakat untuk berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Apa pun itu, peraturan tetaplah peraturan begitu pun dengan demokrasi dan kebebasan untuk berkumpul atau mengemukakan pendapat. Semuanya boleh dilakukan asal sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perihal mana yang kemudian lebih diutamakan, antara peraturan dan kebebasan, tentu saja jawabannya tergantung pada bagaimana cara menyikapinya.

Satu hal yang penting, tulisan ini bukanlah untuk mencari kebenaran atau pembenaran. Hanya sekadar ulasan tentang tempat yang berhubungan dengan alamat kafe nazi Bandung yang mungkin akan hilang dari daftar kafe unik di Bandung.

One Response

  1. agustian ariansyah April 3, 2015

Leave a Reply