Menelaah Potensi Wisata di Sentra Kaos Suci

Sentra Kaos Suci

Sentra Kaos Suci | Foto : wikimapia.org

Siapa yang tak mengenal sentra kaos Suci di Kota Bandung? Sentra kaos ini sebenarnya merupakan kumpulan industri rumah tangga yang berbentuk pecahan usaha di bidang konveksi, seperti sablon, jahit, potong kain, spanduk, hingga setting gambar. Keberadaan sentra kaos ini sangat diperhitungkan di Indonesia. mengapa demikian? Sebab kumpulan inustri rumah tangga ini memasok kebutuhan kaos di Nusantara, mulai dari kaos yang digunakan sehari-hari sebagai lifestyle atau kaos-kaos instansi, sekolah, perhimpunan, even dan sebagainya.

Menelaah Potensi Wisata di Sentra Kaos Suci

Hubungan dengan pariwisata

Dalam kegiatan pariwisata, sentra kaos suci mungkin bergerak di belakang layar. Dalam artian keberadaannya hanyalah sebatas pemasok kebutuhan industri pakaian jadi dalam ranah wisata belanja. Hal itu sama sekali tak salah, mengingat hampir sebagian besar distro memproduksi pakaiannya di kawasan ini.

Selain itu, kawasan kaos ini bisa disebut sebagai kawasan yang terbuka untuk konsumen. Dengan kata lain konsumen bisa memesan kaos sesuai dengan desain yang diinginkan, namun dengan jumlah minimal pemesanan. Banyaknya konsumen yang berdatangan dari kota lain untuk memesan kaos, kebanyakan akan singgah untuk beberapa waktu sambil menunggu kaosnya selesai. Di masa tunggu inilah, pemesan bisa berjalan-jalan di kota Bandung, lalu menceritakan pengalaman selama di Bandung pada orang-orang di lokasi asalnya.

Hubungan seperti ini, sangatlah penting dalam meningkatkan pariwisata di satu daerah. Dengan kata lain kawasan ini sangat potensial untuk menjadi objek wisata. Terlebih lokasinya bisa dibilang memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk wisata.
Potensi wisata yang bisa dikembangkan misalnya adalah wisata edukasi berupa pengetahuan produksi kaos, di mana wisatawan bisa melihat langsung bagaimana tahapan-tahapan produksi, mulai dari pemotongan kain, sablon, jahit hingga pengepakan. Wacana seperti ini sebenarnya telah dikemukakan beberapa tahun yang lalu, seiring penetapan pemerintah daerah terhadap kawasan ini sebagai sentra industri kaos suci. Hanya saja pelaksanaannya mungkin masih terbentur dengan masalah kepariwisataan lainnya.

Sarana dan Prasarana

Lokasi sentra kaos Suci sangatlah strategis, baik dari segi letak mau pun dari aksesibilitas. Keberadaannya berada di jalan Surapati, Bandung yang terhubung langsung dengan Gasibu atau Jembatan Layang Pasopati di arah Barat. dengan kata lain, wilayah ini bisa dikatakan sangat dekat dengan mereka yang baru saja memasuki Bandung lewat pintu tol Pasteur. Ke arah timur, kawasan ini berhubungan langsung dengan terminal Cicaheum, sebagai terminal besar yang menghubungkan langsung dengan kota-kota di sebelah timur Bandung.

Fasilitas lain yang dimiliki lokasi ini adalah, hotel yang tersebar di sepanjang jalur jalan ini atau di sekitarnya, supermarket, pasar, rumah makan, cafe, universitas  hingga gedung-gedung bersejarah. Karenanya wajar jika wilayah ini sangat layak untuk menjadi objek wisata.

Leave a Reply