Ini Dia Sambal Paling Pedas di Bandung yang Bikin Mulut Kebakaran

Sambal Paling Pedas di Bandung

Sambal Paling Pedas di Bandung | Foto : silvamp.blogspot.com

Setiap rumah makan tentu memiliki andalan sambal masing-masing, namun tahukah Anda rumah makan yang memiliki sambal paling pedas di Bandung? Bagi orang Indonesia, terutama Sunda, makan seenak apapun selalu kurang tanpa kehadiran sambal. Ya, sambal memang seolah sudah menjadi menu wajib yang harus tersaji di meja makan.

Banyaknya peminat sambal membuat beberapa rumah makan menciptakan aneka sambal super pedas dan nikmat. Bahkan, beberapa rumah makan menamai sambalnya dengan nama-nama unik untuk menarik perhatian. Jika Anda pencinta sambal dan berkunjung ke Bandung, kunjungilah beberapa tempat makan sambal pedas di Bandung!

Ini Dia Sambal Paling Pedas di Bandung yang Bikin Mulut Kebakaran

1. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Jika ingin menikmati sambal pedas yang benar-benar nikmat dan bikin mulut terbakar, datanglah ke Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk di Jl. Soekarno-Hatta No. 508. Rumah makan ini menyediakan 12 jenis sambal dengan racikan bumbu berbeda yang dijamin nikmat banget. Namun, sambal yang menjadi andalan rumah makan ini adalah sambal cibiuk yang didominasi tomat hijau, ditambah daun kemangi, terasi, dan kencur.

Konon, sambal cibiuk ini merupakan sambal bersejarah yang diwariskan dari generasi ke generasi. Pembuat sambal cibiuk pertama kali adalah Eyang Fatimah yang merupakan puteri dari salah satu penyebar agama Islam di Garut Utara pada abad ke-18. Tidak heran jika rasa sambal cibiuk ini begitu istimewa sehingga tidak disajikan secara gratis, berbeda dengan jenis sambal lain yang bisa dinikmati tanpa biaya.

2. Nasi Bancakan

Berada di Jl. Trunojoyo No. 62, Nasi Bancakan memang selalu ramai pengunjung. Bukan rumah makan Sunda kalau tidak menyediakan sambal paling pedas di Bandung sebagai menu pelengkap. Begitupun, Nasi Bancakan yang memiliki 4 jenis sambal andalan, yaitu sambal ceurik, sambal hejo, sambal oncom, dan sambal dayang sumbi. Yang paling mencuri perhatian adalah sambal ceurik yang mampu membuat pengunjung mengeluarkan air mata saat menyantapnya.

3. Rumah Makan Sari Rasa (Sambal Hejo)

Rumah makan yang berlokasi di Jl. Natuna No. 29 dan Jl. Katamso No. 49 ini memang hanya memiliki satu jenis sambal andalan sesuai nama rumah makannya, yaitu sambal hejo. Sebenarnya, sambal hejo tidak terlalu pedas tetapi sangat menyegarkan. Bahan dasar sambal hejo ini adalah rawit hijau dicampur irisan tomat hijau yang diulek kasar. Saat disantap, aroma kencur yang cukup tajam mampu menambah kenikmatan sambal ini.

4. Reds Dipo

Sebenarnya, menu andalan rumah makan ini adalah aneka olahan ikan, seperti kerapu, gurame, bawal, ayam-ayam, dan barakuda. Namun, bukan berarti rumah makan ini tidak memiliki sambal andalan. Ada dua jenis sambal terkenal di tempat ini, yaitu sambal Mike Tyson yang super pedas dan sambal Chris John yang level pedasnya lebih rendah. Jika ingin menikmati sambal ala petinju ini, datanglah ke Jl. Dipatiukur No. 1.

5. Alas Daun

Alas daun merupakan salah satu rumah makan Sunda terkenal di Bandung yang berada di Jl. Citarum No. 34. Rumah makan yang menggunakan alas daun untuk makan ini memiliki 5 jenis sambal andalan dengan tingkat kepedasan berbeda. Nama-nama sambal andalan tempat ini dari yang terpedas adalah sambal halilintar, sambal seafood, sambal dadak, sambal terasi, dan sambal hejo, yang semuanya masuk dalam daftar sambal paling pedas di Bandung.

Leave a Reply