Peduli Lingkungan Bersama Sahabat Walhi Bandung

Sahabat Walhi

Sahabat Walhi | Foto : aldiriandana.blogspot.com

Sahabat Walhi adalah sekumpulan orang atau individu yang tergabung secara sukarela dan membantu segala kegiatan dan program-program yang dirancang oleh WALHI. WALHI (Wahana Lingkungan Hidup), sebenarnya merupakan organisasi independen atau Lembaga Swadaya Masyarakat yang fokus pada masalah-masalah yang ada dalam lingkungan hidup. Bisa juga dikatakan sebagai lembaga yang fokus pada pelestarian lingkungan hidup untuk kepentingan manusia.

Seperti halnya sahabat, dia adalah orang-orang terdekat. Orang terdekat yang dimaksud dalam tataran ini, bisa dilihat dari dua sudut pandang. Suduit pandang pertama adalah orang terdekat dengan Walhi sebagai organisasi. Dalam sudut pandang ini, sahabat tidak harus tercatat sebagai anggota organisasi, namun lebih pada mitra kerjasama. Sedangkan sudut pandang berikutnya, sahabat bisa diartikan sebagai orang-orang yang dekat dengan lingkungan. Lingkungan yang dimaksud tentu saja semua lingkungan yang menjadi tempat hidup manusia, terutama lingkungan di area kerja Walhi.

Dengan menggunakan kedua sudut pandang di atas, WALHI mencoba untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan, melalui program-program yang melibatkan masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam permasalahan lingkungan sangatlah penting, sebab program kelestarian lingkungan di mana pun tak akan berhasil juka tak didukung langsung oleh masyarakat.

Peduli Lingkungan Bersama Sahabat Walhi Bandung

Keanggotaan

Anggota Sahabat Walhi yang tergabung secara sukarela, sebenarnya sangat banyak bahkan telah lebih dari 20.000.000 orang. Karena sifatnya sukarela, maka keanggotaan ini terbuka untuk umum, dari beragam golongan ekonomi, pendidikan dan usia. Uniknya, anggota termuda yang ada saat ini, berumur 5 tahun.

Berdasarkan umur, keanggotaan tersebut mungkin masih sangat muda memahami beragam informasi tentang lingkungan hidup. Namun demikian, secara sosialisasi, pendidikan lingkungan memang harus dilakukan sejak dini. Artinya, semakin kecil golongan umur, semakin kuat juga sosialisasi yang diberikan. Mengapa demikian? Sebab anak di usia dini, memiliki rekaman yang sangat kuat terhadap pengalamannya. Rekaman pengalaman tersebut, jika disosialisasikan secara terus menerus, akan menjadi sesuatu yang disebut internalisasi. Internalisasi sendiri sebenarnya merupakan konsep sosial yang merujuk pada sosialisasi yang telah mendarah daging. Artinya nilai-nilai yang telah disosialisasikan sejak dini, telah menjadi kerangka pemahaman dalam kepalanya.

Terlepas dari keanggotaan tersebut, kelompok ini memang menyelaraskan kegiatannya dengan program yang dibuat oleh Sahabat WALHI. Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan antara lain workshop yang lebih menekankan pada wacana environmentalis, sosialisasi program ke masyarakat dan kampany-kampanye yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Add Comment