Mengenal Film Bersama Ruang Film Bandung

Ruang Film Bandung

Ruang Film Bandung | Foto : sahabatmgb.wordpress.com

Ruang Film Bandung adalah wadah silaturahmi sekaligus ajang bertukar informasi dan pengalaman bagi praktisi juga pecinta film yang ada dii Bandung. Wadah ini sebenarnya telah terbentuk sesaat setelah berlangsungnya konfrensi yang diadakan oleh praktisi film di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya, setelah berlangsungnya Konfrensi Film Bandung pada tahun 2013.

Tujuan dari pembentukannya adalah untuk mendongkrak geliat perfilman di Bandung dan menyatukan berbagai komunitas film independen di Bandung yang selama ini berjalan masing-masing tanpa wadah. Dengan terbentungnya Ruang Film Bandung, diharapkan informasi tentang perfilman bisa disampaikan dengan lebih efektif, sehingga anggota komunitas yang sebagian besar berperan sebagai praktisi, bisa memacu produktifitasnya dalam dunia perfilman. Dengan demikian, bukan hanya industri perfilman Bandung yang terpicu, tetapi juga kontribusinya terhadap geliat perfilman nasional.

Mengenal Film Bersama Ruang Film Bandung

Kegiatan

Kegiatan atau even yang diadakan oleh komunitas ini, memang bisa dibilang tertutup. Namun, ketertutupan tersebut bukanlah kesengajaan, namun lebih diakibatkan oleh ketersediaan ruang publik yang sangat sulit diakses untuk kalangan umum. Dengan demikian, hanya anggota atau kalangan tertentu sajalah yang kemudian mengetahui kegiatannya. Kendati demikian, even yang diadakan komunitas ini, sebenarnya lebih banyak berlaku untuk umum sebagai wahana informasi dan pembelajaran.

Berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditandatangani sesaat setelah berlangsungnya Konfrensi Film Bandung, komunitas ini berperan juga sebagai wadah sekaligus fasilitator dalam pertemuan antar komunitas dan penggiat film. Pertemuan yang dimaksud adalah pertemuan rutin yang diselenggarakan secara berkala dan rutin, minimal satu bulan sekali. Tujuan utamanya adalah sosialisasi komunitas sebagai forum komunikasi antar komunitas dan penggiat film Bandung. Melalui pertemuan inilah, semua informasi, masalah dan juga keinginan yang berkaitan dengan perfilman akan dibahas.

Tujuan Pendirian

Seperti telah diuraikan sebelumnya, bahwa tujuan dari pendirian komunitas ini adalah sebagai forum komunikasi antar penggiat dan pecinta film yang ada di Bandung. Seperti diketahui, bahwa Bandung adalah kota kreatif yang memiliki potensi besar dalam beragam hal. Potensi tersebut bisa dianggap sebagai modal dasar dalam wacana perfilman.

Bukan hanya itu, banyaknya komunitas film, artis dan talent yang ada di Bandung sebenarnya sudah sangat cukup untuk mendongkrak geliat perfilman. Atas dasar itulah Ruang Film Bandung kemudian memiliki tujuan dengan ideologis yang sangat tinggi, yaitu menciptakan Bandung sebagai barometer film nasional. Dengan segala potensi yang ada di kota ini, pencapaian tujuan tersebut sangatlah mungkin.

Leave a Reply