Komunitas Pinhole Bandung, Merekam Peristiwa lewat Lubang Jarum

Pinhole Bandung

Pinhole Bandung | Foto : www.flickr.com

Apa yang dilakukan oleh komunitas Pinhole Bandung, mungkin akan membuat kita berdecak kagum. Betapa tidak, komunitas yang merupakan bagian dari fotografi ini, bisa menangkap objek atau peristiwa hanya melalui lubang seukuran jarum pentul. Dalam dunia fotografi, apa yang dilakukan komunitas Pinhole Bandung ini dikenal sebagai fotografi lubang jarum, yaitu kegiatan fotografi yang menggunakan kamera lubang jarum sebagai alatnya.

Komunitas Pinhole Bandung, Merekam Peristiwa lewat Lubang Jarum

Sejarah Kamera Lubang Jarum di Indonesia

Kamera lubang jarum sebenarnya telah lama muncul di ranah fotografi Indonesia. Namun, nama dan kegiatannya jarang sekali diketahui publik. Meski pun peralatannya sangat sederhana begitu pun dengan cara penggunaan yang terbilang sangat mudah, jarang sekali orang yang mengenal apalagi tertarik pada kamera ini. namun, bagi pecinta fotografi, kamera lubang jarum lebih diminati karena hasilnya yang selalu memberi kejutan. Beragam efek yang tak pernah diduga dan dirancang melalui bidikan langsung adalah kejutan utama yang diberikan oleh peralatan sederhana ini.

Apa itu Pinhole?

Pinhole atau lubang jarum sebenarnya sama seperti namanya, tak lebih dari lubang seukuran jarum yang dibuat pada benda dengan isi yang kedap cahaya. Benda atau medianya bisa apa saja, mulai dari kaleng, kardus, toples dan sebagainya. syarat utamanya tentu saja media tersebut harus kedap cahaya dan memanfaatkan lubang jarum tersebut sebagai mata kamera atau lensa.

Dari lubang tersebut, cahaya yang masuk akan mengirimkan fragmen objek yang kemudian direkam langsung oleh kertas foto yang telah dimasukkan sebelumnya. Tentunya cara memasukkan kertas foto ini harus di ruang gelap agar tak ada objek lain yang tertangkap dan menumpuk. Hal ini juga dilakukan karena lapisan film dalam kertas sangat rentan terhadap cahaya, dengan kata lain kertas foto akan mati saat terkena cahaya langsung.

Keanggotaan

Keanggotaan komunitas Pinhole Bandung ini bersifat bebas dansukarela, artinya siapa pun yang memiliki kesamaan minat bisa bergabung dalam komunitas ini. Uniknya, komunitas initak memiliki struktur seperti pada komunitas lainnya. Hal ini berakibat juga pada tidak adanya pencatatan keanggotaan. Sekali pun anggotanya sudah sangat banyak, namun jumlah pastinya tak bisa ditentukan.

Meski demikian, kehadiran anggota dan juga peminat yang sangat banyak saat diadakan workshop, secara tegas menunjukkan bahwa peminat kamera lubang jarum di Bandung memang sangat banyak. Melalui worksop ini jugalah Komunitas Pinhole Bandung mengembangkan dan menyebarluaskan informasi tentang kamera lubang jarum.

Add Comment