Membangun Bangsa Bersama Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung

Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung

Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung | Foto : bandungcreativecityforum.wordpress.com

Bandung kota kreatif, itulah yang ingin diwujudkan oleh Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung atau lebih dikenal dengan Bandung Creatif City  Forum (BCCF). Dari namanya saja sudah bisa direkka bahwa anggotanya adalah komunitas-komunitas kreatif yang ada di Bandung. Memang benar, sebab BCCF bisa juga disebut sebagai forum sekaligus organisasi lintas komunitas kreatif yang dideklarasikan oleh beragam komunitas kreatif di kota Bandung pada 21 Desember 2008 lalu.

Tujuan pendiriannya adalah memberikan manfaat pada masyarakat umum dan komunitas kreatif sebagai anggotanya dalam berbagai informasi dan kegiatannya. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan pendidikan dan kreativitas. Bukan hanya itu, BCCF  pun ikut melakukan perencanaan dan perbaikan infrastruktur kota untuk membuat sarana pendukung pembangunan ekonomi kreatif. Dengan cara ini, akan tercipta usaha kreatif baik perorangan atau komunitas sebagai wujud kongkret dari pembangunan ekonomi kreatif.

Membangun Bangsa Bersama Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung

Pembangunan ekonomi kreatif, memang tak akan lepas dari jejaring pasar. Untuk itu, Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung ikut serta dalam menghasilkan pengembangan strategi branding. Caranya adalah menjadikan usaha kolektif sebagai upaya untuk  membangun jaringan seluas-luasnya. Tak lupa menyisipkan tujuan untuk menciptakan Bandung sebagai Kota Kreatif yang siap berkompetisi, berkolaborasi dan berelaborasi di tingkat global.

Program Kegiatan

Banyak program dan kegiatan yang telah dihasilkan oleh BCCF. Di antaranya adalah Helar Festival yang pernah diadakan pada tahun 2008 dan 2009. Melalui kegiatan ini, beragam potensi ekonomi kreatif yang lahir dan berkembang di Kota Bandung, ditampilkan dalam rangkaian kegiatan festival kota.

Ada juga divisi program dalam BCCF yang bernama Creative Enterpreneur Network (CEN) sebagai wadah dan jejaring dalam kegiatan wirausaha kreatif Kota Bandung. Divisi ini pun bertujuan untuk  membangun keterampilan dan pengetahuan bagi wirausaha lokal melalui beragam kegiatan seperti seminar, workshop, klinik bisnis dan seterusnya. Yang menarik adalah tugas yang diemban oleh divisi ini dalam membangun jaringan.

Sebab jaringan yang dibangun dan dikuatkan tidak hanya meliputi komunitas kreatif di dalam kota, tetapi juga luar kota dan kota-kota di negara lain yang juga memiliki jaringan kreatif serupa. Dengan demikian, jejaring yang dibentuk akan luas dan kuat, sebab tiap kota atau tiap negara memiliki pusat jaringannya masing-masing sebagai sarana perawatan jaringan. Dengan demikian jaringan yang telah terbentuk akan semakin kokoh.

Bentuk kongkret, bahwa BCCF telah memiliki jaringan global adalah kerjasamanya dalam program TUNZA International Children and Youth Confrence on Environment bersama Kementerian Lingkungan Hirup dan United Nation Environment Program. Dari kegiatan tersebut, lahirlah deklarasi Babakan Siliwangi World City Forest. Inilah yang kemudian menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung.

3 Responses

  1. silvia
  2. novi intan
  3. Sidik

Add Comment